Dokter Kandungan Ungkap Kondisi yang Bikin Ibu Hamil Rentan Terkena Corona
Health
COVID-19 di Indonesia

Dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, Muhammad Fadli, menjelaskan kondisi ibu hamil yang bisa membuat mereka lebih rentan terinfeksi virus corona.

WowKeren - Kehamilan di masa pandemi virus corona (COVID-19) membuat sejumlah orangtua merasa resah. Kasus positif COVID-19 bahkan telah ditemukan pada sejumlah ibu hamil di Indonesia.

Dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit (RS) Pondok Indah Jakarta Muhammad Fadli lantas menjelaskan kondisi ibu hamil yang bisa membuat mereka lebih rentan terinfeksi virus corona. Menurut Fadli, fase hamil dibagi tiga tri semester.

Pada tri semester pertama, ibu hamil akan mengalami banyak keluhan dan tubuh akan beradaptasi seperti kenaikan pada hormon, merasa malas bergerak, serta mual hingga muntah yang membuat asupan gizinya tidak cukup. Padahal di tri semester pertama kehamilan ini tubuh terbebani, seperti metabolisme yang meningkat dan beban jantung juga bertambah.

"Memang hal-hal ini bisa menyebabkan ibunya mungkin asupan gizi kurang, dia juga kurang olahraga," ungkap Fadli dalam diskusi bertajuk 'Para Pahlawan Kesehatan di Pusaran Pandemi' di BNPB pada Rabu (30/9). "Sehingga mungkin lebih rentan untuk terkena infeksi virus tersebut."


Lebih lanjut, Fadli mengungkapkan bahwa ada beberapa penelitian yang menyebutkan virus corona bisa masuk ke darah plasenta dan janin. Fadli juga mengungkapkan bahwa janin salah satu pasiennya meninggal dalam kandungan usai sang ibu terinfeksi COVID-19. Namun ia menekankan bahwa temuan tersebut juga masih dalam proses penelitian.

"Apakah ini pure disebabkan oleh COVID-19? Memang masih dalam pembelajaran kita, dalam research kita memang," terang Fadli. "Tapi memang ada beberapa penelitian mengatakan bahwa infeksi ini, virus ini, bisa masuk ke darah plasentanya, jadi masuk ke janinnya."

Oleh sebab itu, Fadli meminta para ibu hamil untuk menjaga asupan gizi mereka. Selain itu, Fadli juga mengungkapkan sejumlah saran untuk ibu hamil di masa pandemi corona.

"Yang jelas selama hamil di tri semester 1,2, 3 pastikan asupan gizi cukup, kemudian ibunya berolahraga cukup untuk meningkatkan imunitas, mendapatkan paparan matahari yang cukup, vitamin D juga harus kuat," pungkas Fadli. "Sehingga virus itu seharusnya akan kalah dengan daya tahan tubuh yang baik."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts