WHO Ungkap Vaksin Corona Bisa Tersedia Di Akhir Tahun 2020
Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan jika vaksin virus corona (COVID-19) kemungkinan bisa tersedia bagi masyarakat pada akhir tahun 2020 mendatang.

WowKeren - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan kabar baik seputar perkembangan vaksin virus corona. Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan jika vaksin COVID-19 kemungkinan akan tersedia pada akhir tahun 2020 mendatang.

Dilansir dari Forbers, Tedros mengakui jika ada harapan vaksin virus corona bisa diberikan ke sejumlah masyarakat kurang dari 3 bulan lagi. Ia berpesan bagi para pemimpin dunia untuk melakukan distribusi vaksin virus corona secara merata jika sudah siap.

“Kita bakal membutuhkan vaksin,” kata Tedros seperti dilansir dari Forbes, Selasa (7/10). “Ada harapan, bahwa vaksin akan tersedia di akhir tahun ini. Ada harapan.”

WHO hingga saat ini telah mencatat ada sembilan eksperimen vaksin yang dianggap menjanjikan. Sembilan vaksin COVID-19 tersebut disebut masih dalam tahap uji coba.


Salah satu vaksin virus corona yang dikembangkan WHO adalah COVAX. WHO menargetkan vaksin COVAX dapat selesai dan bisa diedarkan ke masyarakat pada akhir 2021.

Tak sampai disitu, WHO juga terus menggelar rapat dengan sejumlah pemipin dunia terkait penanganan pandemi virus corona. Rupanya, WHO ingin terus memantau berbagai respons global dalam menghadapi pandemi.

Diskusi penanganan pandemi dilakukan dengan meminta masukan beberapa negara seperti Jerman, Inggris, dan Australia. Dengan begitu, WHO dalam menganalisa dan menentukan langkah tepat yang bisa digunakan untuk membasmi COVID-19.

Adapun vaksin virus corona yang sedang dikembangkan akan diprioritaskan bagi orang-orang yang memilki risiko tinggi terhadap virus corona. Diantaranya lansia hingga orang yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

WHO sendiri telah menjanjikan akan mendistribusikan vaksin COVAX hingga 2 miliar dosis pada akhir tahun 2021. Sejumlah negara bahkan dilaporkan telah mengamankan pasokan vaksin mereka sendiri melalui kesepakatan bilateral.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru