Yayan Ruhian 'Mad Dog' Bongkar Alasan Ahli Bela Diri Dunia Tertarik Belajar Ilmu Pencak Silat
Selebriti

Yayan Ruhian berbagi cerita mengenai pengalamannya melatih dan memperkenalkan pencak silat di kancah internasiobnal. Yayan juga mengungkap alasan banyak ahli bela diri tertarik belajar pencak silat.

WowKeren - Yayan Ruhian merupakan salah satu aktor laga dan koreografer pertarungan kebanggaan Tanah Air. Bahkan keahlian Yayan juga sudah diakui oleh Hollywood. Ketenaran Yayan tentu tak lepas dari keahliannya dalam menguasai bela diri khas Indonesia, pencak silat.

Bersama dengan Iko Uwais, dan Cecep Arif Rahman, Yayan memiliki ikut andil dalam mempopulerkan pencak silat di ranah internasional. Yayan pun bercerita mengenai pengalamannya mengenalkan pencak silat di luar negeri.

"Kebetulan waktu itu kita masih ada tim dari pesilat Indonesia alhamdulillah setiap tahun itu berangkat ke Perancis untuk perform di Bercy Martial Art Festival," ujar Yayan dalam video di channel YouTube Helmy Yahya yang diunggah pada Sabtu (10/10). "Jadi setiap tahunnya itu kita berangkat. Kemudian tim pulang tapi selalu ada yang stay di sana untuk minimal 1 bulan untuk terus ngadain seminar. Dan ternyata di situ saya semakin terbuka betapa hebatnya ilmu pencak silat."


]


"Gimana menurut Akang, kok orang bule tertarik dengan (pencak silat) kan martial art banyak dari Jepang, Korea, dari mana-mana. Kok pencak silat berhasil menarik perhatian mereka?" tanya Helmi Yahya.

"Mereka yang datang ke sini untuk belajar pencak silat itu bukan mereka yang ingin tahu bela diri. Biasanya itu orang-orang yang datang kesini untuk belajar pencak silat adalah orang-orang yang sudah menguasai ilmu bela diri dengan tingkatan yang tinggi. Dia udah master, udah dan ini dan ini," ungkap lawan main Keanu Reeves dalam film "John Wick" tersebut.

"Karena saya bilang, 'Kalau berantem, saya kalah, terus terang. Kamu udah jago ini, jago ini, postur tubuh aja bed'. Dia bilang karena pencak silat hebat. 'Apa hebatnya buat kamu' 'Di pencak silat, saya menemukan hal yang tidak saya dapatkan dari bela diri lain'. Selain nilai kultural yang tidak ada dalam beladiri negara lain, juga dalam pencak silat itu ada rasa kekeluargaan yang tidak dia dapatkan dari beladiri lain," pungkas Yayan.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait