Bioskop di Bandung Sudah Mulai Buka, Dinkes Akui Agak Riskan
Nasional

Sebagai informasi, sembilan bioskop di Kota Bandung telah dibuka sejak Jumat (9/10) pekan lalu. Pihak pengelola telah mendapat izin dari Pemkot pasca peninjauan oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bandung.

WowKeren - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di Jawa Barat telah membuka kembali bioskop di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan meninjau kesiapan beroperasi bioskop dan tempat hiburan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Hal ini lantas ditanggapi oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung. Menurut Kepalan Dinkes Kota Bandung, Rita Verita, pembukaan kembali bioskop memang agak riskan dari sisi kesehatan lantaran sirkulasi udara kurang baik di dalam ruangan tertutup.

Meski demikian, tutur Rita, keputusan untuk membuka kembali bioskop ini pasti telah mempertimbangkan protokol kesehatan. Oleh sebab itu, Rita berharap pengelola bioskop dapat menerapkannya secara ketat.

Mulai dari wajib menggunakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak untuk mengantisipasi penularan COVID-19 di bioskop. "Kalau dari faktor kesehatan, kondisi ruangan bioskop seperti apa, ya memang sebenarnya agak riskan karena tidak ada udara yang terbuka," tutur Rita pada Selasa (13/10).


Lebih lanjut, Rita menyatakan bahwa pembukaan kembali bioskop di Bandung bukan merupakan rekomendasi Dinkes. Keputusan tersebut didasarkan pada serangkaian simulasi yang sudah dilakukan instansi terkait di Pemkot Bandung.

Menurut Rita, pembukaan bioskop ini juga telah mempertimbangkan angka sebaran kasus corona di Bandung yang mulai menurun. "Itu kan kalau tidak salah, pada bulan lalu, kondisi Kota Bandung sudah sangat baik tapi mungkin ada teknis tersendiri dari penyelenggara makanya dilakukan sekarang," pungkas Rita.

Sebagai informasi, sebanyak sembilan bioskop di Kota Bandung telah dibuka sejak Jumat (9/10) pekan lalu. Pihak pengelola telah mendapat izin dari Pemkot Bandung pasca peninjauan oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bandung.

Menurut manajer bioskop CGV Kota Bandung, Egie Wicaksono, pihaknya akan selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan. Egie mengungkapkan bahwa petugas akan mengecek pemakaian masker para pengunjung setiap lima belas menit sekali.

"Untuk masker kita benar-benar aware, controlling kita lakukan minimal 15 menit sekali, memastikan customer memakai masker," jelas Egie. "Untuk makan boleh di dalam bioskop dengan memastikan makanan yang dibawa oleh mereka itu tertutup."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait