Geger Diisukan Siap Pulang, Dubes Ungkap Habib Rizieq Belum Boleh Keluar Arab Saudi
Nasional

Massa PA 212 menyebut Habib Rizieq Syihab siap kembali ke Tanah Air. Namun Dubes RI untuk Arab Saudi mengungkap fakta sebaliknya karena masih berstatus 'red blink', apa itu?

WowKeren - Habib Rizieq Syihab kembali ramai dibicarakan publik Indonesia usai dikabarkan siap kembali. Bahkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu disebut-sebut akan memimpin revolusi sesampainya di Tanah Air.

Namun kebenaran kabar ini pun masih disangsikan, apalagi usai Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, memberi pernyataan mengejutkan. Agus Maftuh menyatakan bahwa Rizieq saat ini belum diizinkan meninggalkan Arab Saudi karena berstatus red blinking.

"Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini nama Mohammad Rizieq Syihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih 'blinking merah'," ujar Agus Maftuh, Rabu (14/10). "Dengan tulisan ta’syirat mutanahiyah (visa habis) dan dalam kolom lain tertulis: mukhalif (pelanggar UU)."

"Bentuk pelanggaran: mutakhallif ziyarah (overstay dengan visa kunjungan). Ada juga kolom 'ma’lumat al-mukhalif' (data tentang pelanggar). Di kolom foto MRS ditulis 'Surah al-Mukhalif' foto pelanggar," imbuh Agus Maftuh, dilansir dari Kumparan.


Red Blink sendiri merupakan sinyal bahwa yang bersangkutan belum bisa meninggalkan Arab Saudi. Namun untuk ketentuan status ini merupakan kewenangan pemerintah Arab Saudi sendiri atau dengan kata lain pemerintah Indonesia tidak ikut campur.

Heboh kabar kembalinya Habib Rizieq ini sendiri disampaikan oleh seorang orator dalam aksi demo 1310 menolak UU Cipta Kerja Omnibus Law pada Selasa (13/10) kemarin. Dalam demo itu, sang orator yang menerjemahkan pidato Rizieq, menyatakan bahwa cekal dan denda yang dijatuhkan kepadanya sudah dicabut.

"Alhamdulillah, setelah melalui proses perundingan panjang, dari Habib Rizieq Syihab dan otoritas Kerajaan Saudi, akhirnya terdapat kejelasan dan titik terang kepulangan Habib Rizieq Syihab," ujar sang orator. "Wasyukurilah, pada hari ini Imam Besar Habib Rizieq Syihab secara resmi sudah dicabut cekalnya. Dan hari ini juga sudah dibebaskan dari denda-dendanya, denda apa pun, karena Imam Besar Habib Rizieq Syihab tidak bersalah di Saudi."

"Alhamdulillah wasyukurilah, setelah cekal ditarik dan denda dihapus," imbuhnya. "Imam Besar Habib Rizieq Syihab sedang menunggu proses administrasi."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait