Gubernur Ridwan Kamil Tanggapi Usulan Ubah Nama Jabar Jadi Provinsi Sunda
Nasional

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil juga menjelaskan bahwa sedianya Sunda memang bukan hanya nama etnis atau suku yang tinggal di Jawa bagian barat semata.

WowKeren - Sejumlah tokoh Sunda mengusulkan penggantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda. Usulan ini lantas ditanggapi langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil tersebut, usulan tersebut boleh saja dilontarkan, namun untuk mengganti nama provinsi tersebut bukan hal yang mudah. Pasalnya, tutur Emil, Jawa Barat merupakan tempat bercampurnya tiga budaya yang bahasanya dominan menggunakan bahasa Jawa dan Betawi.

"Saya harus melihat dulu secara fundamental, karena jabar itu kalau secara judul memang bukan lagi Jawa bagian barat, Jawa paling barat kan Banten. Sudut paling barat ya bukan Jabar, tetapi Banten," ungkap Emil pada Rabu (14/10). "Tapi Jabar itu budaya ada tiga, ada Sunda Priangan, Kecirebonan yang bahasanya Jawa dan ada Betawi."

Oleh sebab itu, jika memang provinsi Jawa Barat diganti namanya menjadi Tatar Sunda, maka kebijakan tersebut harus dipahami dan disepakati seluruh warga. Baik warga Jawa Barat di Cirebonan, maupun warga Jawa Barat di daerah Betawi.


"Kalau tidak ada kesepakatan, maka hidup ini tidak akan maslahat. Jadi saya istilahnya melihat sebuah wacana, silakan," jelas Emil. "Tapi masih panjang perjalanannya karena harus dipahami dan disetujui oleh pihak yang merasa berbeda, kalau itu dihadirkan."

Lebih lanjut, Emil menjelaskan bahwa sedianya Sunda memang bukan hanya nama etnis atau suku yang tinggal di Jawa bagian barat semata. Tetapi, Sunda merupakan wilayah geografis yang meliputi Sumatera, Kalimantan dan Jawa atau istilah lainnya Sunda Besar.

"Kemudian ada Sunda Kecil yaitu Bali, Nusa Tenggara dan lain-lain," tutur Emil. "Tapi dalam perjalanan sejarahnya menjadi etnisitas, nah kesepakatan ini belum semua orang paham. Jadi masih panjang lah."

Sebagai informasi, Sunda Besar dan Sunda Kecil yang dimaksud Emil adalah Lempeng Sunda yang merupakan bagian dari Lempeng Tektonik Eurasia. Kini secara administratif meliputi Kalimantan, Jawa, Sumatera, bahkan sebagian Thailand, Filipina, Malaysia, Brunei, Singapura, Kamboja, dan Vietnam.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait