Perdana Menteri Tak Mau Turun Jabatan, Warga Thailand Kembali Gelar Unjuk Rasa di 12 Provinsi
Getty Images
Dunia

Pihak berwenang sudah mencoba untuk mencegah massa demo berkumpul dengan menutup stasiun secara selektif di jalur angkutan massal dan kereta bawah tanah. Namun, hal itu sia-sia.

WowKeren - Aktivis pro-demokrasi di Thailand kembali melakukan demonstrasi massal pada Minggu (18/10) waktu setempat. Aksi itu tak hanya dilakukan di ibu kota, tapi juga beberapa lokasi lain di seluruh negeri. Aksi ini digelar menyusul pengumuman Perdan Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, yang menolak turun dari jabatannya.

Dilansir dari CNN, aksi unjuk rasa hari ini diadakan di 12 provinsi, termasuk Chiang Mai. Pihak berwenang di Bangkok sudah mencoba untuk mencegah orang berkumpul dengan menutup stasiun secara selektif di jalur angkutan massal dan kereta bawah tanah di Bangkok. Namun, hal itu sia-sia.

Demonstrasi tetap dilakukan meski warga telah mendapatkan peringatan dari polisi bahwa mereka melanggar hukum. Beberapa peserta yang mengikuti aksi demonstrasi pada Sabtu (17/10) lalu ditangkap oleh kepolisian.

Namun, kepolisian hanya menangkap sedikit peserta unjuk rasa karena aksi dilakukan secara damai. Unjuk rasa itu dilakukan di beberapa titik di sekitar Bangkok.

Diketahui, gelombang protes aktivis pro-demokrasi agar Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha sudah terjadi sejak Maret 2020. Aksi unjuk rasa dimulai di beberapa universitas. Kemudian, unjuk rasa sempat berhenti karena pandemi COVID-19. Lalu, aksi itu kembali dilanjutkan pada Juli 2020 hingga sekarang.


Pada Kamis (15/10), Prayuth mengumumkan keadaan darurat. Pemerintah setempat melarang pertemuan lebih dari lima orang dan menerapkan kekuasaan ekstra untuk menjaga perdamaian.

Akan tetapi pengunjuk rasa mengabaikan keputusan darurat tersebut. Mereka berkumpul pada Kamis malam dengan jumlah cukup banyak di persimpangan distrik pusat perbelanjaan Bangkok.

Sampai saat ini tercatat sudah 40 orang demonstran ditangkap sejak aksi unjuk rasa dimulai sejak awal pekan. Prayuth menyarankan supaya para demonstran dan aktivis berdoa di kuil ketimbang turun ke jalan, karena khawatir dengan penyebaran virus corona.

Salah satu tuntutan demonstran adalah mendesak supaya Prayuth yang mulanya adalah panglima Angkatan Bersenjata Thailand dan berkuasa setelah melakukan kudeta pada 2014 untuk mengundurkan diri. Sebab aktivis menilai hasil pemilu pada 2019 yang mengukuhkan dia menjadi Perdana Menteri adalah tidak sah dan penuh kecurangan.

Demonstrasi juga mendesak supaya Thailand menggelar pemilihan umum dan parlemen baru, serta menyusun undang-undang dasar yang baru untuk menggantikan konstitusi yang disusun oleh junta militer.

Kelompok oposisi juga menolak keputusan pemberlakuan status darurat nasional dan jam malam. Mereka mendesak Prayuth dan Partai Pheu Thai yang berkuasa supaya segera mencabut kebijakan itu dan berhenti mengintimidasi rakyat sipil.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru