Diimbau KPK Laporkan Pemberian Sepeda Lipat Jokowi, Ini Kata Istana
Instagram/jokowi
Nasional

Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ipi Maryati mengingatkan bahwa penerimaan gratifikasi mesti dilaporkan paling lambat 30 hari kerja terhitung sejak gratifikasi diterima.

WowKeren - Presiden Joko Widodo mendapatkan sepeda lipat edisi khusus Sumpah Pemuda dari CEO PT Roda Maju Bahagia Hendra dan CEO Damn! I Love Indonesia Daniel Mananta. Sepeda tersebut telah diserahkan melalui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pada Senin (26/10) lalu.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantas mengimbau agar pihak Istana Kepresidenan melaporkan penerimaan gratifikasi sepeda lipat untuk Jokowi tersebut. "KPK menyampaikan imbauan untuk melaporkan penerimaan gratifikasi sepeda lipat, jika pemberian itu ditujukan untuk pribadi Pak Jokowi," tutur Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati pada Selasa (27/10).

Ipi lantas mengingatkan bahwa penerimaan gratifikasi mesti dilaporkan paling lambat 30 hari kerja terhitung sejak gratifikasi diterima. Hal tersebut telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Setelah laporan diterima, KPK pun akan menganalisa dan menetapkan status penerimaan gratifikasi tersebut. Apakah menjadi milik negara atau milik penerima


Berdasarkan catatan KPK, Jokowi telah memberi teladan yang baik soal pelaporan gratifikasi. "Pada 2017 KPK pernah memberikan penghargaan kepada Presiden Jokowi sebagai pelapor gratifikasi dengan nilai terbesar," ungkap Ipi.

Sementara itu, Kantor Staf Kepresidenan (KSP) menyatakan akan segera melaporkan pemberian sepeda lipat untuk Jokowi tersebut. Menurut Kepala Sekretariat KSP Yan Adikusuma, sepeda lipat tersebut hingga kini masih belum diserahkan ke Jokowi dan masih berada di KSP.

"Kemarin sesuai instruksi Kepala Staf Kepresidenan, Pak Moeldoko, barang-barang tersebut akan kami laporkan ke KPK untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan aturan yang berlaku," tutur Yan dilansir CNN Indonesia. "Semua sepeda yang masih ada di KSP akan segera kami laporkan ke KPK."

Di sisi lain, sepeda lipat untuk Jokowi ini diketahui merupakan tipe ecosmo 10 Sp Damn yang dibuat khusus dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020. Menurut Daniel Mananta, sepeda tersebut seratus persen buatan dalam negeri.

"Dalam situasi pandemi global, semoga bangsa ini bisa segera melewatinya. Kita yakin bangsa ini sudah teruji dan bisa bangkit kembali dari berbagai macam problematika," tutur Daniel. "Melalui kreativitas, produk-produk kita bisa sejajar dengan negara-negara lain secara global."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait