Pemimpin Sekte NXIVM di AS Dijatuhi Hukuman Penjara 120 Tahun
Getty Images
Dunia

Pemimpin sekte, Keith Raniere, dihukum atas tujuh dakwaan. Mulai dari pemerkosaan, perdagangan seks, pemerasan, konspirasi kriminal, dan eksploitasi seksual anak-anak.

WowKeren - Seorang pria bernama Keith Raniere dijatuhi hukuman 120 tahun penjara karena menjalankan organisasi sekte seks, NXIVM. Pria berusia 60 tahun itu dinyatakan bersalah karena memaksa wanita untuk berhubungan seks dengannya.

Dilansir dari CNN, dalam persidangan yang digelar di New York, Amerika Serikat, pada Selasa (27/10) waktu setempat, Raniere dihukum atas tujuh dakwaan. Mulai dari pemerkosaan, perdagangan seks, pemerasan, konspirasi kriminal, dan eksploitasi seksual seorang gadis berusia 15 tahun.

Sebanyak 15 orang, 13 di antaranya wanita bersaksi di pengadilan Brooklyn, sementara lebih dari 90 korban menulis surat kepada Hakim Nicholas Garaufis.

Disebutkan bahwa NXIVM adalah sebuah kelompok yang berkedok bimbingan hidup. Pengikut yang ingin mendaftar wajib merogoh biaya sebesar USD 5.000. Setelah terdaftar akan ada kursus. Beberapa hari kemudian mereka yang telah mendaftar akan dieksploitasi secara finansial dan seksual hingga dipaksa untuk mengikuti diet ketat.

Raniere mendirikan organisasi tersebut dalam kelompok yang disebut DOS, sebuah struktur piramida di mana para wanita adalah "budak" dan Raniere sebagai "Tuan Besar" duduk di puncak. Para "budak" dibuat untuk berhubungan seks dengan Raniere, menyerahkan informasi pribadi dan foto-foto.


Di persidangan, Raniere mengaku sangat menyesal atas rasa sakit dan kemarahan yang diungkapkan para korban tetapi tetap kukuh bahwa dia tidak bersalah. "Saya tidak menyesal atas tuduhan itu. Itu tidak benar," ujarnya.

Selain Raniere, ada lima orang lain yang turut menjalani sidang. Berbeda sikap dengan Raniere, kelimanya mengaku bersalah atas tiap dakwaan yang dijatuhkan.

Jaksa penuntut New York, Richard Donoghue mengungkapkan bahwa Raniere yang menggambarkan dirinya sebagai seorang cerdas dan jenius, sebenarnya hanyalah manipulator ulung, penipu dan bos kejahatan dari sebuah organisasi yang mirip sekte.

Jaksa penuntut telah meminta Raniere dihukum seumur hidup karena dia tidak mau mengakui kesalahan. Sementara tim pembela Raniere sendiri menganggap hukuman penjara 15 tahun lebih tepat untuk kliennya.

Kasus ini telah diangkat ke publik sejak 2019 lalu. Bahkan kasus ini menjadi subjek dari dua adaptasi layar, yakni seri doku "The Vow" yang baru-baru ini dirilis HBO dan "Escaping the Nxivm Cult".

Salah satu pesohor yang ada dalam sekte itu yakni aktris Amerika kelahiran Jerman, Allison Mack, yang dikenal lewat serial TV "Smallville". Ia mengakui dua tuduhan pemerasan pada April 2019.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait