Abaikan Penolakan Trump dan Bentuk Tim Transisi, Ini 4 Prioritas Pemerintahan Biden
Dunia

Joe Biden selaku Presiden Terpilih AS ke-46 dihadapkan dengan sejumlah tantangan berat seperti pandemi COVID-19 dan kesetaraan ras. Hal itu pula yang menjadi prioritas pemerintahan Biden.

WowKeren - Hasil akhir Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020 semakin di depan mata. Berdasarkan rilis hitung suara dari berbagai media, publik AS rupanya lebih memercayakan jabatan kepala negaranya diemban oleh Joe Biden dan Kamala Harris alih-alih kembali mengusung duet Donald Trump dan Mike Pence.

Kendati demikian, Trump ternyata masih bersikeras terhadap pendapatnya soal adanya kecurangan di Pilpres. Ia pun menolak hasil tersebut dengan dalih ada konspirasi media, yang ternyata "diabaikan" oleh Biden.

Bahkan kekinian Biden dilaporkan telah membentuk tim transisi untuk mengurusi perpindahan masa jabatan dari Trump kepada dirinya. Tak tanggung-tanggung, perkara transisi kepemimpinan itu akan dilakukan mulai Minggu (8/11) dan dilakukan semaksimal mungkin pada pekan ini.

"(Kami) akan bekerja dengan kecepatan maksimal hari ini," tegas tim transisi Biden, dilansir dari CNN. Tak hanya itu, mantan Wakil Presiden AS era kepemimpinan Barack Obama itu juga sudah mengungkap 4 hal yang akan menjadi prioritas di era kepemimpinannya.

Dikutip dari laman resmi Biden, BuildBackBetter.com, Presiden terpilih ke-46 AS itu menggaungkan 4 strategi utama di bidang COVID-19, pemulihan ekonomi, kesetaraan rasial, dan perubahan iklim. Hal itu senada dengan janji Biden sebelumnya seperti kembali bergabung di kebijakan Iklim Paris.


Pihak berwenang menyebut kelompok yang mengurus transisi ini siap bekerja di setiap agensi federal mulai pekan ini. "(Kami) menarget akses ke pemerintahan federal dengan memperhatikan batasan tertentu," ujar tim tersebut. Meski belum diketahui apakah izin akan diturunkan mengingat Trump menolak hasil Pilpres tersebut.

"Kami akan terus memberikan dasar terbaik dari visi-misi Biden-Harris di setiap lapisan," imbuhnya. "Agar bisa berhasil mengembalikan kepercayaan terhadap institusi dan memimpin pemerintahan federal."

Media-media sosial pemerintahan ini juga sudah mempublikasikan soal transisi. Dan seperti sebelumnya, mereka fokus di 4 hal termasuk COVID-19 dan kesetaraan ras.

Beberapa janji Biden untuk mengendalikan COVID-19 misalnya dengan menyediakan layanan kesehatan yang memadai dan efektif, termasuk vaksin. "Warga AS berhak mendapatkan pelayanan yang cepat dan profesional di tengah krisis akibat pandemi COVID-19," ujar situs tersebut.

Sedangkan di bidang kesetaraan ras, yang paling diutamakan adalah pembentukan undang-undang yang bersifat melindungi. Sedangkan Biden juga punya tugas berat untuk mengembalikan kondisi perekonomian yang porak-poranda akibat COVID-19.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru