Mantan Presiden AS George Bush Beri Selamat untuk Kemenangan Biden di Pilpres
Getty Images
Dunia

Bush sendiri merupakan satu-satunya eks presiden AS dari partai Republik yang masih hidup. Dalam pernyataannya, Bush mengatakan dia telah menelepon Biden dan wapres Kamala Harris.

WowKeren - Mantan Presiden AS George W. Bush mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Joe Biden melalui telepon pada Minggu (8/11) lalu. Bush sendiri merupakan satu-satunya eks presiden AS dari partai Republik yang masih hidup.

Dalam pernyataannya, Bush mengatakan dia telah menelepon Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris. "Meskipun kami memiliki perbedaan politik, saya tahu Joe Biden adalah orang baik, yang telah memenangkan kesempatannya untuk memimpin dan mempersatukan negara kami," kata Bush, sebagaimana dikutip dari CNN.

"Presiden terpilih menegaskan kembali bahwa sementara dia mencalonkan diri sebagai Demokrat, dia akan memerintah untuk semua orang Amerika. Saya menawarkan kepadanya hal yang sama yang saya sampaikan kepada Presiden Trump dan Obama, doa saya untuk kesuksesannya, dan janji saya untuk membantu dengan cara apa pun yang saya bisa," lanjut Bush.

Bush juga memberikan ucapan selamat dalam pernyataannya kepada Trump atas kampanyenya. Dia memuji pencapaian politiknya yang luar biasa dengan memenangkan suara lebih dari 70 juta orang Amerika, sekaligus menjadi nomor dua terbanyak dalam sejarah setelah Biden.

"Mereka telah berbicara, dan suara mereka akan terus didengar melalui orang-orang Republik terpilih di setiap tingkat pemerintahan," kata Bush. "Rakyat Amerika bisa yakin bahwa pemilu ini pada dasarnya adil, integritasnya akan dijunjung, dan hasilnya jelas."


Bush tidak terlibat dalam politik sejak meninggalkan jabatannya pada Januari 2009. Dia hanya sesekali hadir dalam kampanye pada 2016, ketika saudaranya, mantan Gubernur Florida Jeb Bush, mencalonkan diri melawan Trump dalam pemilihan pendahuluan dari Partai Republik.

Di sisi lain, pasangan capres-cawapres Biden-Harris berhasil meraih posisi presiden-wakil presiden setelah melewati perolehan 270 suara elektoral. Sedangkan rivalnya, Trump-Pence, meraih 213 suara elektoral. Dalam pernyataan resminya, Biden mengungkapkan rasa bangga akan kepercayaan rakyat AS padanya dan Kamala Harris untuk mengampu masa jabatan berikutnya.

Pada Minggu (8/11), Biden melakukan pidato kemenangan pertamanya usai memenangkan pemilu AS di Wilmington, Delaware. "Kami menang dengan suara terbanyak yang pernah diberikan untuk tiket presiden dalam sejarah bangsa, 74 juta," tegas Biden.

Biden juga mengirimkan pesan kepada mereka yang memilih Trump dengan menyerukan persatuan dan rekonsiliasi. Ia menegaskan sudah waktunya kedua belah pihak untuk saling mendengarkan lagi.

"Sudah waktunya untuk menyingkirkan retorika kasar, menurunkan suhu, bertemu lagi, saling mendengarkan lagi dan untuk membuat kemajuan, kita harus berhenti memperlakukan lawan kita sebagai musuh kita. Mereka bukan musuh kita. Mereka orang Amerika," imbuh Biden.

"Saya berjanji untuk menjadi presiden yang berupaya untuk tidak memecah belah, tetapi mempersatukan, yang tidak melihat negara bagian merah dan negara bagian biru, tetapi hanya melihat Amerika Serikat," lanjut Biden.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait