Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS Di Usia 77 Tahun, Seperti Apa Riwayat Kesehatannya?
Dunia
Pilpres AS 2020

Joe Biden berhasil terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat di usianya yang ke- 77 tahun. Ia diketahui memiliki riwayat kesehatan yang panjang. Apakah kondisinya fit memimpin AS?

WowKeren - Joe Biden berhasil memenangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) pada Sabtu (7/11) malam. Biden sukses mengalahkan lawannya, Presiden AS Donald Trump dalam Pemilu AS di usianya yang menyentuh 77 tahun.

Meski usia Biden sudah mencapai 77 tahun, namun ia dipastikan dalam kondisi sehat dan mampu menjalankan tugasnya sebagai Presiden AS. Hal ini terungkap dari catatan medis Biden yang diperiksa oleh Dr Kevin O'Connor dari The George Washington University.

”Sehat, kuat, pria berusia 77 tahun itu (Biden),” jelas O Connor seperti dilansir dari NBC News, Senin (9/11). “Yang cocok untuk berhasil menjalankan tugas Kepresidenan termasuk mereka sebagai Kepala Eksekutif, Kepala Negara, dan Panglima Tertinggi.”

Terlepas dari catatan medis yang dilaporkan sehat, Biden ternyata memiliki beberapa riwayat penyakit di masa lalu. Beberapa penyakit bahkan dideritanya saat menjadi Wakil Presiden AS bersama dengan Barack Obama.


Pada akhir 1980-an, Biden sempat mengalami aneurisma otak. Beruntungnya, ia bisa berhasil sembuh dari penyakit tersebut. Lalu ia juga pernah dirawat di rumah sakit karena fibrilasi atrium nonvalvular. Penyakit ini menyebabkan darah mengumpul di jantung dan bisa meningkatkan risiko pembekuan darah hingga stroke jika tidak segera ditangani.

Biden juga pernah mengalami penyakit hyperlipidemia, dimana penyakit ini bisa terjadi saat ada konsentrasi tinggi lemak atau lipid di dalam darah. Tak hanya itu, Biden juga pernah dirawat karena mengidap penyakit gastroesophageal reflux atau penyakit pencernaan dan alergi musiman.

Namun, O Connor memastikan tidak ada ancaman serius pada kesehatan Biden yang cukup terkendali. Ia membeberkan jika Biden mengonsumsi obat pengencer darah dan obat refluks asam, kolesterol, serta alergi musiman.

Koresponden medis NBC News menjelaskan refluks asal terkadang akan menyebabkan suara serak. Kondisi ini rupanya dialami Biden yang terlihat beberapa kali mengalami suara serak saat melakukan kampanye.

Gaya hidup Biden juga dipastikan sehat. Ia sama sekali tidak merokok, meminum alkohol, dan selalu rutin berolahraga. “Setidaknya lima hari per minggu," ungkap O'Connor.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts