Nikita Mirzani Jadi Tren Pemecah Popularitas Habib Rizieq, Reaksi Pakar Sosmed Mengejutkan
Instagram/nikitamirzanimawardi_17
Selebriti

Pakar Sosial Media Ismail Fahmi menjelaskan kronologis yang ditampilkan dalam peta Social Network Analysis (SNA). Hasilnya, Nikita berhasil viral setelah melontarkan sindiran pada HRS hingga menyebab konsentrasi publik terpecah.

WowKeren - Konflik Nikita Mirzani dengan Habib Rizieq Shihab masih jadi sorotan. Tak cuma dikomentari sejumlah publik figur, kisruh keduanya juga mencuri perhatian pakar sosial media.

Salah satunya yakni Ismail Fahmi yang juga Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia. Menurut Ismail, celetukan sinis Nikita yang menyindir HRS alias Rizieq sebagai "tukang obat" sukses memecah gelombang tren di sosial media Indonesia.

Awalnya, publik fokus pada kepulangan HRS ke Indonesia untuk menikahkan putrinya. Namun kemunculan Nikita ternyata memecah konsentrasi.

"Dalam perspektif 'information ops', apa yang dilakukan oleh seorang Nikita Mirzani melalui komentarnya, entah dia sadari dari awal atau tidak, ternyata telah berhasil 'memecah ombak' dari besarnya narasi tentang HRS," kata Ismail via Twitter. "Komentar NM yang Memancing Response. Tanggal 12 Nov, NM berkomentar atas kedatangan HRS ke tanah air kembali. Komentarnya dianggap sebagai sindiran bahkan hinaan kepada HRS oleh para pendukungnya."

Twitter Ismail Fahmi

Peta Analisa Sosial Media


Berdasarkan peta Social Network Analysis (SNA), Ismail menilai kalau Nikita makin viral justru karena simpatisan HRS. Tak dipungkiri, pendukung HRS cukup terpancing dengan omongan Nikita yang dikenal pedas.

Twitter Ismail Fahmi

Peta Analisa Sosial Media

"TREN NM MEMBAYANGI TREN HRS Sejak komentar itu viral (12 Nov), hari berikutnya tren percakapan di Twitter dan pemberitaan di media online ttg NM mendekati tren volume tentang HRS, hingga 14 Nov saat putri HRS menikah.Ombak informasi tentang HRS jadinya dipecah oleh seorang NM," seru Ismail. "SNA 12 NOV: CLUSTER PRO HRS YANG MULAI MEMVIRALKAN NM Siapa yang awalnya melambungkan "informasi" tentang NM sehingga memecah fokus terhadap HRS? Dari peta SNA tanggal 12 Nov, tampak akun @demoCRAZY_id , @Darkah__Back dan @geloraco dari cluster Pro HRS yang memviralkannya. SNA: NM BERHASIL MEMECAH PERCAKAPAN TENTANG HRS Dan dari SNA 12-15 Nov tentang HRS dan NM, tampak ada dua cluster besar yang Pro dan yang Kontra HRS. Dan akun-akun yang dominan membahas NM (warna oranye) menyebar di kedua cluster."

Twitter Ismail Fahmi

Peta Analisa Sosial Media

"Dari kronologis yang ditampilkan dalam peta SNA di awal munculnya NM, tampak bahwa prosesnya natural. Respons besar dari kluster Pro HRS itu sendiri yang membuat komentar NM jadi viral," kata Ismail. "Kesimpulan: kedatangan kembali HRS ke tanah air telah menjadi berita besar di media, percakapan di media sosial, dan luar biasa besarnya sambutan publik di lapangan. Namun, cukup dengan komentar singkat NM soal 'tukang obat', fokus dan informasi yang mengalir jadi pecah."

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru