Nikita Mirzani Profile
Nikita Mirzani Profile Photo

Nikita Mirzani

Profesi
Model, Aktris, Penyanyi
Tgl Lahir
Mar 17, 1986
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Model, Aktris, Penyanyi
Populer
Mengikuti program "Take Me Out" di Indosiar
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Tinggi Badan
168
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Mawardi (m. 07-Mar-14, jantung)
Ibu
Djulelah
Saudara
Predo Adrian (adik laki-laki), Lintang (adik)
Suami/Istri
(pengusaha, 2006 - 2007), Sajad Ukra (11-Okt-13 - 16-Feb-15), Dipo Latief (siri, Feb-18 - 25-Feb-21)
Kekasih
Kiki "The Potters" (penyanyi, putus 2010), Edo, (pengusaha, mantan), Samuel Rizal (aktor, mantan), Nicolas (mantan), Paulo (mantan), Betsalel, John Hopkins (mantan pembalap, mantan), Antonio Dedola (pengusaha)
Anak-anak
Laura Meizani Nasseru Asry (perempuan, L. 2007), Azka Raqilla Ukra (laki-laki, L. 03-Okt-14), Arkana Mawardi (laki-laki, L. 28-Apr-19)
Populer Sejak
Mengikuti program "Take Me Out" di Indosiar

Nikita Mirzani Mawardi lahir di Jakarta pada 17 Maret 1986. Nikita bisa disebut berasal dari keluarga berada. Aktris berdarah Minangkabau tersebut sempat mengungkapkan bahwa mendiang ayahnya yang bernama Mawardi dulu pernah menjabat sebagai direktur di perusahaan Krakatau Steel.

"Sebenarnya orangtua Niki bukan orangtua yang miskin, anyway, gitu. Papa Niki direktur perusahaan di Krakatau Steel. Terus mama Niki juga ibu rumah tangga yang, euh, maksudnya Niki bukan dibesarkan dari keluarga yang sederhana," ungkap Nikita dalam program "Alvin & Friends" yang tayang 2019 lalu.

Sementara itu, ibunda Nikita yang bernama Julelah disebut memiliki darah Belanda. Menurut Nikita, ibunya memiliki hobi mengumpulkan perhiasan emas. "Mama Niki kan hobinya mengumpulkan emas gitu. Jadi dia kalau di Karawaci, mama Niki tuh terkenal sama dia pakai gelang banyak, kalung yang banyak gitu. Kepengin gitu, kayaknya kalau mama Niki masih ada kayaknya emasnya makin banyak," beber Nikita.

Di masa kecilnya, Nikita ternyata merupakan sosok anak yang kurang bergaul. Ia juga sempat bercita-cita menjadi dokter seperti anak-anak pada umumnya. Dari segi pendidikan, Nikita ternyata sempat menjadi santriwati di Pondok Pesantren Modern Gontor, Ngawi, Jawa Timur. Namun Nikita mengaku tak menyelesaikan pendidikannya di Ponpes Gontor karena kehidupan sebagai santriwati dirasa terlalu berat hingga ia sempat sakit-sakitan.

"Aku dulu di Pondok Pesantren Gontor Mantingan Ngawi Jawa Timur. Dua tahun enam bulan. Sebentar lagi aku jadi ustazah. Mungkin aku enggak jadi Nikita Mirzani kalau sampai lulus," tuturnya dalam program "Kick Andy" beberapa waktu lalu.

Nikita pun sempat bekerja sebagai sekretaris di sebuah perusahaan batu bara. Meski demikian, Nikita memutuskan untuk keluar karena pekerjaannya dinilai terlalu banyak mengeluarkan waktu. Di saat yang bersamaan, Julelah ibunda Nikita dirawat intensif di rumah sakit. Diketahui, Julelah telah lama memiliki penyakit kanker rahim.

Ibunda Nikita kemudian meninggal dunia pada 2009. Kala Julelah meninggal, emas-emas miliknya diwariskan kepada Nikita. "Kayaknya dia (Julelah) udah tahu kalau dirinya tidak akan bertahan lama. Semua emasnya itu dikasih ke Niki gitu. Dan semua emasnya masih Niki simpan," kenang Nikita.

Satu tahun setelah ibunya meninggal, tepatnya pada 2010, Nikita menjadi salah satu peserta acara "Take Me Out Indonesia" yang kemudian akan menjadi pintunya ke dunia entertainment. Setelah mengikuti acara pencarian jodoh tersebut, Nikita mulai kebanjiran tawaran untuk menjadi foto model. Tak hanya modelling, Nikita yang memiliki wajah rupawan dan tubuh ideal juga turut terjun ke dunia akting.

Ia pertama kali memulai karier di dunia akting dengan muncul sebagai pemeran figuran di film "Lihat Boleh, Pegang Jangan" yang dibintangi Dewi Persik pada 2010. Di tahun yang sama, Nikita juga menjadi pemeran figuran di sinetron "Islam KTP". Perjuangan Nikita untuk merintis karier di dunia hiburan rupanya tak mudah.

"Gue itu start dari figuran, dari figuran di yang namanya sinetron 'Islam KTP'. Kalau kalian tahu tuh 'Islam KTP' dulu gue sempet jadi figuran di situ berapa bulan doang, tiba-tiba gue dikasih yang namanya peran penjaga warung. Kalian bisa cek di YouTube tuh masih ada tuh penjaga warung gue. Itu palingan gue cuma dikasih satu scene, satu scene, satu scene," terang Nikita dalam salah satu sesi live-nya.

Dengan imej seksinya, nama Nikita perlahan mulai banyak dikenal oleh publik Indonesia. Kegigihannya dalam merintis karier di dunia akting pun akhirnya terbayar kala ia semakin mendapat banyak tawaran akting. Pada 2016, Nikita bahkan pernah membintangi enam proyek film sekaligus dalam setahun. Ia memerankan berbagai macam karakter dari beragam genre, mulai dari horror, komedi, hingga romansa.

Wajah Nikita juga kerap menghiasi layar kaca, mulai dari menjadi bintang tamu acara talkshow hingga mengambil peran di sinetron. Tak hanya itu, Nikita juga menunjukkan kebolehannya sebagai pembawa acara dengan menjadi presenter sejumlah acara televisi. Mulai dari ajang pencarian bakat "Bintang Pantura 4" hingga "Pagi-Pagi Pasti Happy".

Tak berhenti sampai di situ, ibu tiga anak tersebut juga sempat merambah dunia tarik suara. Ia telah merilis single perdana bertajuk "Baby I Hate You" pada 2012 silam. Selain itu, Nikita juga mengisi soundtrack film "Moammar Emka's Jakarta Undercover" yang dibintanginya dengan lagu "Money and Love". Ia juga sempat berkolaborasi dengan rapper Young Lex di lagu "Nikita Gang".

Dari sisi kehidupan pribadi, Nikita kini berstatus sebagai janda dan diketahui telah menikah sebanyak tiga kali. Pernikahan pertama Nikita tak banyak disorot karena terjalin sebelum ia terkenal sebagai public figure. Nikita dilaporkan menikah dengan seorang pria bernama Nasseru pada 2006 dan bercerai pada 2007. Pernikahan Nikita dan Nasseru dikaruniai seorang anak perempuan bernama Laura Meizani Nasseru Asry atau yang akrab disapa Loly. Menurut pengakuan Nikita, suami pertamanya itu adalah anak seorang anggota DPR/MPR.

Di pernikahan keduanya, Nikita dipersunting oleh seorang pria berkebangsaan Selandia Baru bernama Sajad Ukra pada tahun 2013 silam. Nikita dan Ukra yang usianya terpaut 10 tahun hanya menjalin hubungan asmara singkat sebelum akhirnya mantap naik ke pelaminan pada bulan Oktober 2013. Baru dua bulan membina rumah tangga, Nikita langsung menggugat cerai Ukra pada bulan Desember 2013. Meski begitu, Nikita akhirnya mencabut gugatan cerai tersebut dengan dalih hanya emosi sesaat.

Nikita kembali mengajukan gugatan cerai terhadap Ukra pada April 2014 karena proses perdamaian mereka tidak membuahkan hasil. Pada akhirnya, pernikahan Nikita dan Ukra resmi berakhir pada 16 Februari 2015. Dari pernikahan tersebut, Nikita dikarunian seorang putra bernama Azka Raqila Ukra.

Pada Februari 2018, Nikita melangsungkan pernikahan siri dengan seorang pengusaha kaya bernama Dipo Latief. Diketahui, Dipo Latief adalah putra mantan Menteri Tenaga Kerja era Presiden Soeharto, Abdul Latief. Sayangnya, pernikahan Nikita lagi-lagi hanya seumur jagung karena ia melayangkan permohonan isbat sekaligus perceraian pada 16 Juli 2018. Sembat mencabutnya pada Oktober 2018, Nikita kembali mengajukan permohonan isbat pernikahan sekaligus perceraian pada November 2018.

Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan lantas mengabulkan permohonan Nikita pada 7 Oktober 2019. Putusan tersebut menyatakan bahwa memang ada pernikahan antara Nikita dan Dipo pada Februari 2018. Nikita sendiri mengajukan permohonan isbat pernikahan karena ia memiliki anak dari Dipo dan ingin mencari perlindungan hukum. Diketahui, Nikita dan Dipo dikaruniai seorang putra bernama Arkana Mawardi.

"Pokoknya Niki bahagia banget dah. Anak mendapatkan perlindungan dari negara," tutur Nikita terkait perceraiannya dengan Dipo.

Tak hanya memiliki kehidupan pernikahan yang penuh liku-liku, Nikita juga dikenal sebagai selebriti kontroversial yang beberapa kali terseret kasus hukum. Pada 2015 lalu, Nikita sempat terseret dalam kasus prostitusi online. Ia diamankan polisi di salah satu hotel daerah Jakarta Pusat pada Desember 2015. Kala itu, Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Umar Fana mengatakan bahwa penangkapan tersebut merupakan bagian dari upaya membongkar kasus prostitusi online di kalangan artis.

Setelah ditangkap, Nikita menjalani pemeriksaan selama 10 jam lebih di Bareskrim Polri. Ponselnya juga sempat diperiksa oleh polisi. Meski demikian, polisi tidak menemukan barang bukti yang membuat Nikita bersalah. "Alhamdulillah-nya saat gue ya, handphone gue disita tapi dia (polisi) tidak menemukan apapun. Percakapan, bukti transfer lah, nego-nego, itu enggak ada Alhamdulillah-nya," kata Nikita beberapa waktu lalu.

Namanya bersih dari tuduhan prostitusi online, Nikita kini justru ditahan di penjara karena kasus dugaan pencemaran nama baik dan pelanggaran UU ITE. Kasus tersebut berawal dari unggahan Instagram Stories Nikita yang mencatut foto Dito Mahendra. Nikita mengedit foto tersebut dan menambahkan sejumlah kalimat.

Namanya Dito Mahendra. Oh ini yang lagi viral diberita online menganiaya sekuriti. Abang Propam jangan mau percaya omongan yang ngomong banyak juga menipu dan PHP juga pada para senior,” demikian tulisan Nikita kala itu.

Unggahan tersebut turut dilihat oleh salah satu karyawan Dito yang bernama Haerul Yusi. Haerul lantas melaporkan unggahan tersebut kepada Dito. Dinilai telah mencemarkan nama baiknya, Dito akhirnya melaporkan Nikita ke Polresta Serang Kota pada 16 Mei 2022.

Nikita kemudian ditetapkan polisi sebagai tersangka dugaan tindak pidana pencemaran nama baik. Namun dirinya dua kali mangkir dari panggilan penyidik. Akhirnya, Nikita ditangkap oleh penyidik Polresta Serang Kota pada 21 Juli 2022. Meski begitu, sang kuasa hukum meminta penangguhan penahanan dengan alasan Nikita yang memiliki tiga orang anak. Wanita yang kerap disapa Nyai itu kemudian dibebaskan dengan status wajib lapor.

Pada 25 Oktober 2022, beredar video Nikita yang berteriak dan menangis kala hendak ditahan polisi. “Siapa Dito, siapa Dito, siapa dia? Enggak mau, enggak mau,” teriak Nikita kala itu. Meski begitu, Nikita tetap ditahan di Rutan Klas IIB Serang sebagai tahanan Kejari Serang. Adapun persidangan kasus dugaan pencemaran nama baik Dito Mahendra tersebut masih bergulir hingga sekarang.

Meski terkenal sebagai sosok kontroversial, Nikita juga kerap menunjukkan jiwa sosialnya yang tinggi. Saat ia ditahan di Rutan Klas IIB Serang, Nikita mengaku ingin makan pizza dan akhirnya turut mentraktir ratusan warga rutan. Menurut pihak manajemen Nikita, mereka membeli pizza untuk 700 orang dengan total harga mencapai Rp 10,3 juta. Selain pizza, Nikita juga sempat membelikan nasi padang untuk 700 warga rutan.

Pada 2021 lalu, di tengah konfliknya dengan Fujianti Utami dan Fadly Faisal, Nikita masih sempat mengajak masyarakat untuk berdonasi. Donasi tersebut ditujukan untuk dua orang anak yang orangtuanya meninggal karena kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek. Nikita sempat menyentil para crazy rich untuk ikut berdonasi pada dua anak yatim piatu tersebut. Ajakan Nikita tersebut kemudian berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 75 juta.

Filmografi

Acara Televisi

  1. ”Take Me Out Indonesia” sebagai peserta (2010)
  2. Bintang Pantura 4” sebagai pembawa acara (2017)
  3. Stand Up Comedy Academy 3” sebagai pembawa acara (2017)
  4. Pagi-Pagi Pasti Happy” sebagai pembawa acara (2017)
  5. Nih Kita Kepo” sebagai pembawa acara (2019)
  6. Cemceman” sebagai pembawa acara (2020)
  7. Brownis Jalan-Jalan” sebagai pembawa acara (2020)

Film

  1. "Lihat Boleh, Pegang Jangan" sebagai cameo (2010)
  2. "Perempuan Perempuan Liar" sebagai cameo (2011)
  3. "Nenek Gayung" sebagai Dewi/Nenek Gayung (2012)
  4. "Mama Minta Pulsa" sebagai Komandan Carolina (2012)
  5. "Pacarku Kuntilanak Kembar" sebagai Rosa/Rosi (2012)
  6. "Tali Pocong Perawan 2" sebagai Janet (2012)
  7. "Pokun Roxy" sebagai Jupe (2013)
  8. "Pantai Selatan" sebagai Tami (2013)
  9. "Taman Lawang" sebagai teman Cynthia (2013)
  10. "Drakula Cinta" sebagai Aura (2014)
  11. "Comic 8" sebagai Nikita Mirzani (2014)
  12. "Comic 8: Casino Kings pt 1" sebagai Nikita Mirzani (2015)
  13. "Black Honeymoon" (2015)
  14. "Jagoan Instan" sebagai Inem (2016)
  15. "Comic 8: Casino Kings pt 2" sebagai Nikita Mirzani (2016)
  16. "Komedi Gokil 2" sebagai Shanti (2016)
  17. "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1" sebagai Niki (2016)
  18. "Sang Sekretaris" sebagai Tiara (2016)
  19. "Otajin" sebagai Nia (2016)
  20. "Moammar Emka's Jakarta Undercover" sebagai Sasha (2017)
  21. "Jomblo Reboot" sebagai Komandan Satpam (2017)
  22. "Si Juki the Movie: Panitia Hari Akhir" sebagai pengisi suara bidadari (2017)

Sinetron

  1. "Islam KTP" sebagai pemeran figuran (2010)
  2. "Jodoh Wasiat Bapak" sebagai Tasya (2017)
  3. "Malaikat Tak Bersayap" sebagai Indah (2017)
  4. "Warteg DKI" sebagai Indri (2017)
  5. "Firasat" sebagai Anita / Intan (2019
  6. "Jodoh Wasiat Bapak" sebagai Nyai (2019)
  7. "Menembus Mata Bathin the Series" sebagai Rini (2019)
  8. "Jodoh Wasiat Bapak Babak 2" sebagai Arin (2021)
  9. "Sang Diva" (2022)

Hasil Karya

Buku

  1. The Naked Nikita

Digital Single

  1. ”Baby I Hate You” (2012)
  2. ”Kode-Kodean” (2016)
  3. ”Money and Love” – OST “Moammar Emka’s Jakarta Undercover” (2016)
  4. ”Selalu Salah” (2020)
  5. ”Nikita Gang” (bersama Young Lex) (2021)

Penghargaan

Insert Awards

  1. 2014: Celebrity We Love to Hate

Kiss Awards

  1. 2018: Kontroversi Tersilet (nominasi), Kehidupan Tersilet (nominasi)

Silet Awards

  1. 2020: Netizen Darling Terkiss (nominasi), Selebriti Sensai Terkiss

Trivia

  1. Pernah menjadi santriwati di Pondok Pesantren Modern Gontor, Ngawi, Jawa Timur, selama 2,5 tahun
  2. Akui dirinya kurang bergaul dan tak suka main ke luar rumah semasa kecil
  3. Ambil jurusan Hubungan Internasional sewaktu kuliah
  4. Sempat bekerja menjadi karyawan swasta biasa, yakni sebagai sekretaris di sebuah perusahaan batu bara
  5. Pernah mengaku disiram air panas oleh mantan kekasihnya, Kiki The Potters, hingga lapor polisi
  6. Pernah tampil di pagelaran Wayang Orang Srikandi Nekat di Taman Ismail Marzuki dan berperan sebagai istri Bagong
  7. Terbitkan buku “The Naked Nikita” yang berisi tentang kehidupan pribadinya yang jarang diketahui publik
  8. Sempat kalahkan Dinar Candy di atas ring tinju dalam pertandingan Holywings Sport 2
  9. Pernah blak-blakan sindir Najwa Shihab dan minta sang jurnalis membahas soal anggaran negara ketimbang soal kehidupan mewah polisi
  10. Buka salon kecantikan bernama House Head to Toe di sejumlah kota
  11. Jadi salah satu investor Holywings
  12. Sempat menjalin hubungan asmara dengan mantan pembalap MotoGP, John Hopkins
  13. Masukkan putri sulungnya ke pondok pesantren karena Nikita sadar dirinya belum punya ilmu agama yang cukup untuk mengajari sang anak
  14. Putri sulungnya berpacaran dengan putra Olla Ramlan
  15. Sempat dilarikan ke rumah sakit dan hasil rontgen menunjukkan adanya pembengkokan tulang belakang
  16. Meski kini ditahan polisi, akun media sosial Nikita tetap aktif karena dikelola oleh admin