Siap-Siap Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 12, Kapan Bakal Dibuka?
Nasional

Sebelumnya pemerintah sudah membuka hingga 11 gelombang Kartu Pra Kerja pada tahun 2020, bertambah satu dari target awal. Lantas kapan Gelombang 12 akan dibuka?

WowKeren - Kartu Pra Kerja menjadi salah satu alternatif untuk masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Selain memberi tambahan kemampuan bagi pesertanya, Kartu Pra Kerja juga memberi insentif bagi pesertanya senilai total Rp 3.550.000.

Sejak pertama kali dibuka hingga kini, Kartu Pra Kerja digelar dalam total 11 gelombang. Yang kemudian menjadi pertanyaan, kapankah gelombang ke-12 bakal dibuka? Sayangnya diungkap oleh PMO Kartu Pra Kerja, program ini sudah berakhir di gelombang 11 dan selanjutnya baru akan dibuka tahun depan.

"Pembukaan gelombang 12 akan dilakukan tahun 2021," kata Head of Communication PMO Kartu Pra Kerja, Louisa Tuhatu, Senin (23/11). "Karena seluruh pelatihan akan ditutup pada 15 Desember 2020."


Pada kesempatan itu, Louisa juga mengingatkan agar seluruh peserta Kartu Pra Kerja segera membeli dan menyelesaikan pelatihan sebelum 15 Desember 2020. Sementara bagi peserta Kartu Pra Kerja Gelombang 11 harus segera menyelesaikan pelatihan pertama pada 9 Desember 2020 atau secara otomatis status kepesertaannya akan dicabut.

Yang patut dipahami dan digarisbawahi terkait pelaksanaan Kartu Pra Kerja adalah bagi mereka yang sudah dicabut status kepesertaannya tidak lagi bisa mengikuti di gelombang-gelombang berikutnya. Tentu saja mereka juga tak akan mendapat insentif meski sudah berhasil terdaftar tanpa menyelesaikan program pelatihan.

Di sisi lain, pemerintah juga telah memastikan program Kartu Pra Kerja akan diteruskan setidaknya sampai Kuartal I Tahun 2021. Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut Kartu Pra Kerja terbukti menunjang daya beli masyarakat terutama di tengah krisis akibat pandemi COVID-19 saat ini.

"Beberapa program pemulihan ekonomi apakah terkait program KUR atau subsidi lainnya akan dilanjutkan di Kuartal I 2021," jelas Airlangga dalam konferensi pers pada Senin (9/11) lalu. "Support daya beli tetap dilakukan di 2021, subsidi KUR dan Kartu Pra Kerja. Ini akan berikan nafas buat masyarakat menjaga daya beli yang ada."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru