Wajibkan Tenaga Pendidik 'Ngantor', Risma Dapat Sambutan Positif Dari Para Guru
AFP/Getty Images/Romeo Gacad
Nasional

SE bernomor 800/10371/436.7.1/2020 yang mewajibkan para guru kembali masuk ke sekolah per 23 November, milik Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini rupanya mendapat sambutan baik.

WowKeren - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk mewajibkan para guru kembali masuk ke sekolah per 23 November. Surat bernomor 800/10371/436.7.1/2020 tentang Pengaturan Kerja Para Guru di Kantor ini berlaku untuk semua guru di jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, SE tersebut dikeluarkan sebagai upaya adaptasi bagi para guru sebelum aktivitas sekolah kembali normal. Hal ini sesuai dengan kebijakan pusat yang mengizinkan sekolah tatap muka kembali dibuka pada Januari 2021.

“Kebijakan ini dibuat sebegai persiapan, sebelum aktivitas sekolah kembali normal,” kata Febri, Minggu (22/11). "Jadi, perlu adapatasi dulu, dimulai dara para guru, sebelum nanti siswa kembali masuk."


Kebijakan tersebut berlaku untuk seluruh sekolah di Surabaya baik negeri maupun swasta. "Semua guru akan masuk dan memberikan materi kepada siswa secara daring dari sekolah,” katanya.

Sedangkan untuk guru yang mememiliki penyakit penyerta atau komorbid diminta agar tetap mengajar dari rumah. Keamanan para guru saat bekerja di sekolah tetap dijaga. Penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan dengan ketat dan menjadi kebiasaan baru yang harus diterapkan.

Keputusan agar para guru kembali "ngantor" ini rupanya mendapat sambutan baik meskipun sistem pembelajaran masih daring. “Belajarnya tetap daring, hanya kami yang masuk di sekolah. Jadi kami tak lagi mengajar dari rumah,” kata Uswatun, salah satu guru SD, Senin (23/11).

Uswatun mengaku sudah rindu ruang-ruang belajar bersama siswa. Namun demikian, kesehatan tetap yang utama. “Upaya pencegahan penularan COVID-19 harus menjadi pertimbangan utama di tengah pandemi,” ujarnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait