Luhut Ungkap Hal yang Bikin Partai Demokrat AS Kagum ke Jokowi
Nasional

Menurut Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, hubungan pemerintah AS yang akan segera dipimpin oleh Joe Biden dengan Indonesia akan tetap berjalan baik.

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diketahui baru saja berkunjungan ke Amerika Serikat. Luhut lantas menjelaskan soal hubungan Indonesia dengan AS usai penggantian kekuasaan.

Menurut Luhut, hubungan pemerintah AS yang akan segera dipimpin oleh Joe Biden dengan Indonesia akan tetap berjalan baik. Luhut mengungkapkan kala berada di Negeri Paman Sam, dirinya sudah menemui perwakilan Partai Demokrat AS pengusung Biden.

"Banyak yang bertanya bagaimana dengan pemerintah AS berikutnya?" tutur Luhut dalam webinar pada Selasa (24/11). "Pemerintahan yang berikutnya juga saya lihat karena saya ada ketemu dengan beberapa orang Demokrat juga. Mereka juga menyampaikan apresiasi kepada kita, Indonesia."

Lebih lanjut, Luhut juga menyebut bahwa Partai Demokrat kagum dengan Presiden Joko Widodo yang sudah melakukan restorasi mangrove. Menurutnya, negara-negara di dunia saat ini sangat peduli terhadap lingkungan.


"Mereka juga terkejut, atau kalau saya bilang mungkin kagum bahwa presiden Jokowi sudah merencanakan restorasi mangrove seluas 623 ribu hektar lebih di 4 tahun ke depan," ujar Luhut. "Karena itu sekarang di dunia masalah lingkungan menjadi sangat penting."

Selain itu, Luhut juga bercerita bahwa dirinya ditugasi Jokowi untuk menyampaikan terima kasih kepada Presiden Donald Trump yang akan segera digantikan. Luhut sendiri menilai Trump telah menjadi teman kerja yang baik untuk Indonesia.

"Saya sampaikan tujuan saya datang di White House ketemu dengan Presiden Trump adalah menyampaikan ucapan terima kasih Presiden Joko Widodo kepada Presiden Trump dan administrasi di sini yang telah bekerja sama selama lebih 4 tahun," kata Luhut. "Saya bilang itu adalah budaya kami menyampaikan terima kasih penghargaan terhadap teman kerja yang sebentar lagi juga kan bisa menyelesaikan tugasnya."

Sebagai informasi, Luhut menemui Trump di Gedung Putih, Washington DC, pada Selasa (17/11) pekan lalu. Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga didampingi oleh Duta Besar RI untuk AS Muhammad Lutfi, sedangkan Presiden Trump didampingi oleh penasehatnya, Jared Kushner dan Ivanka Trump, serta CEO US IDFC Adam Boehler.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts