Harga Emas Antam Makin Ambles Jauhi Rp 1 Juta, Waktunya Beli atau Jual?
Nasional

Harga emas Antam pada Kamis (26/11) mencapai level Rp 953 ribu per 1 gram. Harga ini tak berubah daripada kemarin sekaligus menjadi yang terendah sejak Juli 2020.

WowKeren - Harga emas terpantau terus mengalami naik dan turun di tengah ketidakpastian kondisi global akibat pandemi COVID-19. Bahkan sejak akhir Oktober 2020 kemarin harga emas produksi PT Aneka Tambang (ANTM) ukuran 1 gram terus menurun menjauhi pakem Rp 1 juta.

Seperti pada Kamis (26/11) hari ini, harga emas Antam mencapai level Rp 953 ribu per gram. Nominal ini tidak berubah dibandingkan hari Rabu (25/11) kemarin, sekaligus menjadikannya yang terendah sejak Juli 2020 silam.

Harga Emas Antam Makin Ambles Jauhi Rp 1 Juta, Waktunya Beli atau Jual?-1

logammulia.com

Lantas dengan harga yang semakin anjlok itu, bagaimana cara investor menyikapi emas yang dimiliki? Apakah kini waktunya menjual atau malah membeli emas?

Sebelum memutuskan ada baiknya memahami terlebih dahulu bahwa harga jual emas tercermin dari harga buyback di situs logammulia.com. Dan dipantau di laman tersebut, tampak harga buyback emas Antam ukuran 1 gram hari ini ada di level Rp 829 ribu.


Harga Emas Antam Makin Ambles Jauhi Rp 1 Juta, Waktunya Beli atau Jual?-2

logammulia.com

Dengan demikian ada selisih sampai Rp 124 ribu per gram. Tentu selisih yang sangat tebal dan merugikan bila sampai gegabah tanpa mempertimbangkan harga belinya.

Sebelumnya perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini, masyarakat harus memahami prinsip utama untuk bisa mendapatkan untung dari berinvestasi dalam bentuk emas. Menurut Mike, keuntungan dari investasi emas didapat dari selisih harga jual dan belinya.

Untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjual emas adalah ketika harga jual lebih tinggi dari harga beli," terang Mike, dilansir dari Kompas TV. Dengan harga emas yang turun, jangan serta merta langsung dijual karena takut harga akan terus merosot. Pun sebaliknya saat harga emas tengah turun, masyarakat bisa membeli sehingga bisa mendapat untung ketika harga emas akan naik.

Sebagai informasi, beberapa pakar investasi dunia bahkan meramalkan harga emas bisa tembus sampai Rp 1,8-2,2 juta per gram. Oleh karena itu perlu sangat dicermati apakah hendak membeli atau menjual emas di tengah fluktuasi harga yang cukup anjlok beberapa waktu belakangan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait