Wagub DKI Jakarta Positif COVID-19, Imbas Hadiri Kerumunan Habib Rizieq di Tebet?
Humas DPRD DKI Jakarta
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Ahmad Riza Patria mengonfirmasi bahwa dirinya positif terinfeksi virus Corona. Ia pun sudah mendapatkan hasil dari contact tracing, berkaitan dengan kerumunan Habib Rizieq?

WowKeren - Kabar kurang menyenangkan datang dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Sebab pengganti Sandiaga Uno itu dilaporkan tengah terjangkit COVID-19, yang juga dibenarkan oleh Riza langsung.

Dalam pernyataannya, Riza meyakinkan bahwa dirinya dalam kondisi sehat. Saat ini ia tengah menjalani prosedur isolasi mandiri sebagaimana diharuskan dalam protokol kesehatan.

"Alhamdulillah meskipun hasil testing pada Jumat (27/11) kemarin menunjukkan positif COVID-19, namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya juga sudah menjalani tes usap," kata Riza dalam konferensi persnya, Minggu (29/11).

"Sebagaimana prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, bagi setiap pasien terkonfirmasi positif COVID-19 wajib melakukan isolasi mandiri," imbuhnya, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (30/11). "Dan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan, baik di level puskesmas hingga rumah sakit."


Riza juga menjelaskan sudah mengantongi hasil contact tracing dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Dan ternyata Riza terkonfirmasi positif COVID-19 karena tertular dari staf pribadinya yang sebelumnya terpapar dari lingkungan keluarga yang bersangkutan.

Hal ini sekaligus menggugurkan kekhawatiran bahwa Riza tertular usai menghadiri agenda yang melibatkan kerumunan massa simpatisan Habib Rizieq Syihab di Tebet, Jakarta Selatan. Hal ini terungkap dalam pengakuan Riza ketika dicecar Polda Metro Jaya selama 8 jam beberapa hari lalu.

"Jadi, temuan positif COVID-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya," terang Riza. "Ini tentu menjadi perhatian kita semua untuk lebih menjaga kedisiplinan protokol kesehatan hingga di dalam keluarga sekalipun."

Oleh karenanya, Riza mendorong konfirmasi positif COVID-19 yang dialaminya menjadi pembelajaran bagi setiap masyarakat dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Mohon doanya agar kita semua dalam kondisi sehat wal'afiat. Jakarta belum terbebas dari pandemi COVID-19," lanjutnya.

"Jangan ragu dan takut untuk saling mengingatkan Protokol 3M. Tetap tingkatkan iman, imun, dan aman bahkan hingga di dalam lingkup keluarga kita," pungkas Riza.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts