RM Buka-Bukaan Soal Tanggung Jawab Pekerjaan dan Arti BTS Baginya
Weverse Magazine
Selebriti

RM berbicara banyak tentang tanggung jawabnya atas pekerjaan, perasaannya tentang BTS, serta identitasnya sebagai individu dalam wawancara Weverse Magazine.

WowKeren - Weverse Magazine baru-baru ini merilis wawancara dengan RM (Rap Monster) sehubungan dengan album baru BTS (Bangtan Boys) "BE". RM berbicara banyak tentang tanggung jawabnya atas pekerjaan, perasaannya tentang BTS, serta identitasnya sebagai individu.

Pewawancara Myungseok Kang menyebut musik bukan hanya sebagai pekerjaan, tapi juga hidup RM. Pemilik nama Kim Namjoon pun itu ditanya, "Bagaimana perasaanmu tentang pekerjaanmu?"

"Ini adalah pekerjaan dan panggilanku, dan aku merasakan tanggung jawab yang besar. Kupikir aku beruntung dan senang karena aku hanya dapat mengkhawatirkan proses kreatifku. Dan aku merasa sangat bertanggung jawab kepada orang-orang yang menaruh kepercayaan padaku, jadi aku mencoba untuk tidak melanggar batas, menilai diri sendiri dengan jujur, dan selalu profesional. Itu adalah tanggung jawab yang menyertai pekerjaan, hal-hal yang harus kulakukan dan janji yang tidak akan kukhianati. Jika aku akan melakukannya, aku akan bahagia saat melakukannya. Itu tidak selalu mungkin, tapi secara umum itulah yang kurasakan," ungkapnya.

RM Buka-Bukaan Soal Tanggung Jawab Pekerjaan dan Arti BTS Baginya

Source: Weverse Magazine


RM kemudian ditanya tentang bagaimana perasaannya tentang BTS saat ini. Rapper sekaligus produser musik kelahiran 1994 itu menjawab sambil tertawa, "BTS adalah... Yah, sangat sulit untuk mengatakannya."

RM melanjutkan, "Ketika BTS mulai, aku berpikir, 'Aku tahu segalanya yang perlu diketahui tentang BTS,' tapi sekarang, 'Aku tidak tahu satu hal pun tentang BTS.' Di masa lalu, aku merasa seperti aku tahu segalanya, dan bahwa segalanya mungkin. Sebut saja kekanak-kanakan atau ambisius. Tapi jika aku bertanya pada diri sendiri, 'Apa itu BTS bagiku?' Menurutku, kami hanyalah orang-orang yang bertemu satu sama lain karena memang seharusnya begitu. Tapi rasanya seperti bintang-bintang sejajar dan perusahaan rintisan menjadi unicorn, dengan waktu yang tepat dan banyak orang pintar."

"Melihat ke belakang, ada banyak ironi dan kontradiksi dalam industri ini. Kupikir aku menemukan mereka satu per satu, dan akhirnya mengerti semuanya. Tapi sekarang aku merasa tidak tahu apa-apa. Pokoknya, untuk menyimpulkan, usia mudaku, dua puluhan yang sembrono. Peristiwa di usia dua puluhan. Ada banyak kontradiksi, orang, ketenaran, dan konflik yang saling terkait, tapi itu adalah pilihanku dan aku mendapatkan banyak darinya, jadi usia dua puluhan adalah saat yang intens sekaligus membahagiakan."

Mengenai dirinya secara individu, RM berkata, "Aku adalah orang asli Korea. Seseorang yang ingin melakukan sesuatu di Korea. Kupikir generasi milenial memasuki masyarakat yang terjebak di antara generasi analog dan digital, dan yang kupilih adalah BTS. Jadi aku mencoba mengintegrasikan diriku ke dalam generasi kita, mencoba memahami apa yang dipikirkan orang-orang sepertiku, dan mencoba bekerja keras untuk menangkap perasaan itu tanpa menjadi beban bagi mereka. Ini mungkin ironi jenis lain, tapi inilah aku. Aku adalah orang Korea berusia 27 tahun. Itulah yang kupikirkan."

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts