Satgas Akui Komunikasi Belum Efektif: Masih Ada yang Tak Percaya Corona Bahkan di Jakarta
Nasional

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut di wilayah perkotaan pun ada yang tidak percaya corona. Bahkan di Jakarta yang merupakan kota besar.

WowKeren - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengakui jika komunikasi yang dibangun oleh pemerintah ke masyarakat selama ini belum efektif. Hal ini terlihat dari adanya masyarakat yang tidak percaya terhadap corona hingga saat ini.

"Ternyata komunikasi yang sudah kita lakukan belum efektif untuk membuat sebagian orang untuk yakin (adanya COVID-19)," ujar Wiku dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (4/12). Masyarakat yang tidak percaya COVID-19 rupanya tersebar tak hanya di wilayah pedesaan.

Namun di wilayah perkotaan pun ada yang tidak percaya corona. Bahkan di Jakarta yang merupakan kota besar.

"Padahal yang enggak percaya itu tidak serta-merta harus jauh dari Jakarta, tinggalnya di desa, enggak usah seperti itu," tegasnya. "Di jakarta, di kota besar pun masih ada yang tidak percaya."


Sehingga perlu untuk melakukan penyesuaian komunikasi kepada masyarakat. Hal ini mengingat Indonesia terdiri dari banyak suku yang memiliki beragam bahasa dan budaya. Sehingga menurutnya, keragaman ini cukup menjadi tantangan bagi Indonesia.

"Kemampuan kita untuk bisa menyentuh seluruh masyarakat dengan budaya yang berbeda, cara berpikir yang berbeda," lanjut Wiku. "Itu betul-betul kita sekarang ditantang untuk bergerak bersama."

Sementara itu, pemerintah telah meluncurkan pedoman perubahan perilaku protokol kesehatan (prokes) dalam 77 bahasa daerah. Program ini merupakan kolaborasi antara Satgas Penanganan COVID-19 Nasional bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Adapun upaya penerjemahan pedoman ke dalam bahasa daerah dimaksudkan agar masyarakat lebih bisa memahaminya dengan mudah. Sehingga masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 dengan baik dan benar.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru