FPI Heran Habib Rizieq Jadi Tersangka, Sigap Balik Salahkan Sosok Tak Terduga Ini
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Sugito Atmo Prawiro dari FPI mengaku kecewa lantaran sang imam besar, Habib RIzieq dijadikan tersangka meski hanya berstatus sebagai tuan rumah di agenda tersebut.

WowKeren - Polda Metro Jaya menetapkan status tersangka atas kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, kepada 6 orang dengan salah satunya adalah Habib Rizieq Syihab. Polda Metro Jaya menjerat Rizieq dengan 2 pasal, yakni Pasal 160 dan Pasal 216 KUHP dengan ancaman hingga 6 tahun penjara.

Terkait dengan status tersangka ini, Front Pembela Islam (FPI) pun mengaku heran dan berbalik mempertanyakannya. Seperti dari Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro yang menilai penetapan itu tidak tepat sbeab Rizieq pun bukanlah pengurus acara.

"Kenapa tuan rumah jadi tersangka? Habib Rizieq itu kan bukan pengurus acara dan ketua panitia. Hanya ketempatan acara saja," jelas Sugito, Kamis (10/12).

Sugito pun tak segan mengungkap siapa pihak yang semestinya paling bertanggung jawab atas kerumunan tersebut. Yakni tak lain adalah panitia acara yang belakangan beberapa di antaranya juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.


Penetapan status tersangka atas Rizieq pun dianggap Sugito tidak tepat karena sang Imam Besar FPI selalu mengingatkan protokol kesehatan. "Habib Rizieq itu sudah ingatkan protokol kesehatan. Kenapa karena dia tuan rumah, malah jadi tersangka?" ujar Sugito, dilansir dari Kompas.

Sugito juga mencurigai penetapan tersangka atas Rizieq sebagai wujud ketidakadilan, apalagi melihat ada banyak peristiwa lain yang juga menimbulkan kerumunan. "Karena beliau dianggap oposan, itu dikejar sampai ke ujung. Kami sangat kecewa," tegas Sugito.

Sebelumnya Tim Kuasa Hukum FPI juga menyuarakan penolakan mereka atas status tersangka Rizieq. "Kita merasa keberatan dan pihak kepolisian tak menjunjung keadilan dan kebenaran dalam proses ini," kata Ichwan, salah satu kuasa hukum FPI.

Pasalnya selama ini pihak kepolisian tak melakukan pemeriksaan terhadap Rizieq. Namun sejatinya Rizieq sendiri yang sudah mangkir sebanyak 2 kali dari panggilan yang dilayangkan kepolisian, bahkan kembali mangkir dalam panggilan ketiga Kamis (10/12) hari ini.

Selain Rizieq, polisi juga menetapkan status tersangka terhadap 5 orang lain yang dianggap bertanggung jawab atas agenda kerumunan tersebut. Penetapan status tersangka ini dilakukan usai Polda Metro Jaya melakukan gelar perkara pada Selasa (8/12) lalu.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts