PAN Ragu Jokowi Tunjuk Risma Jadi Mensos, Ternyata Ini Alasannya
Getty Images/Bloomberg
Nasional

Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disebut sudah ditawari Presiden Jokowi untuk jadi Menteri Sosial gantikan Juliari Batubara. Namun, hal itu diragukan oleh PAN. Kenapa?

WowKeren - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disebut telah ditawari Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara. Namun, Partai Amanat Nasional (PAN) justru meragukan jika Jokowi akan menunjuk Risma sebagai Mensos di Kabinet Indonesia Maju.

PAN menilai Jokowi saat ini masih belum memastikan apakah akan melakukan reshuffle kabinet atau tidak. Oleh sebab itu, masih terlalu dini dan belum ada kepastian terkait nasib Risma yang akan menjadi menteri di pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin ini.

"Emang sudah pasti ada reshuffle? Kapan reshuffle-nya? Kalau ada, saya kira bagus saja," kata Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay seperti dilansir dari Detik pada Senin (14/12). "Sudah saatnya presiden melakukan evaluasi atas kinerja para pembantunya."

Lebih lanjut Saleh mengaku tidak mengetahui bagaimana kinerja Risma selama menjadi pemimpin Kota Pahlawan. Ia juga tidak mengetahui apakah Wali Kota Surabaya itu memiliki latar belakang yang sesuai untuk menjabat di Kementerian Sosial (Kemensos).

"Soal Bu Risma, saya tidak tahu persis kinerjanya seperti apa. Hanya baca dari media saja," ungkap Saleh. "Apakah dia punya latar belakang yang sejalan dengan kementerian sosial, saya tidak tahu persis."


"Kalau mau mengangkat seseorang, pasti Presiden Jokowi sudah punya rekam jejaknya. Selain itu, pasti juga akan diajak bicara," sambungnya. "Diminta komitmen dan seterusnya."

Alasan itu membuat Saleh mempertanyakan apakah Risma sudah pasti diajak Jokowi untuk bergabung dalam kabinetnya. Pasalnya, yang terpenting adalah pernyataan dari Jokowi langsung dan bukan dari isu-isu yang beredar.

"Masalahnya, apa sudah pasti diajak? Itu dulu yang penting dipastikan. Nanti kita komentari, malah dipikir orang nanti kita menggiring opini," tutur Saleh. "Padahal, kita sadar betul, ini urusan presiden."

Sebelumnya, kabar Risma ditunjuk sebagai menteri oleh Jokowi diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya, Yusuf Lakaseng. "Saya dapat kabar bahwa Ibu Risma ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju," kata Yusuf di acara syukuran kemenangan Eri Cahyadi-Armuji di Surabaya, seperti dilansir dari Antara pada Minggu (13/12).

Sebagai informasi, Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Jokowi tengah mengalami ketimpangan. Hal ini terjadi setelah dua menterinya, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Mensos Juliari Batubara jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru