Gubernur Ungkap Alasan Wisatawan Masuk Bali Wajib Tes PCR
Pixabay/lukasmilan
Nasional

Selain karena kasus di Bali kembali meningkat belakangan ini, pertimbangan lain yang berujung pada diwajibkannya syarat bebas corona bagi wisatawan adalah karena klaster baru.

WowKeren - Pemerintah akan memperketat aturan masuk bagi wisatawan yang hendak berlibur ke Bali. Wisatawan harus terlebih dahulu melakukan tes swab PCR atau rapid antigen sebelum masuk ke Bali.

Hal itu disampaikan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Terkait mekanisme ini, Luhut telah berkoordinasi dengan Menkes Terawan Agus Putranto, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Menhub Budi Karya Sumadi untuk segera mengatur prosedurnya.

Kementerian Perhubungan pun menanggapi hal ini. Jubir Kemenhub Adita Irawati mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas terkait.

"Soal tes kesehatan saat di perjalanan ini merujuk pada putusan dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19," ujar Adita dilansir Detik, Selasa (15/12). "Kemenhub akan berkoordinasi dengan satgas untuk menindaklanjuti apa yang disampaikan Menko Maritim dan Investasi."


Gubernur Bali I Wayan Koster pun mengungkap beberapa pertimbangan yang membuat pihaknya mewajibkan bukti bebas corona bagi wisatawan yang hendak meluangkan waktu untuk berlibur ke Bali. Yang pertama adalah karena kasus di Bali kembali meningkat.

Lalu yang kedua adalah mulai meningkatnya kunjungan ke Bali sehingga hal ini harus diwaspadai karena berpotensi menjadi media transmisi. Dilansir Kumparan, jumlah kunjungan rata-rata ke Bali ada 5 sampai 9 ribu setiap harinya.

"Masih tingginya tingkat penularan kasus COVID-19 di wilayah Indonesia termasuk Bali yang ditandai dengan munculnya klaster baru," kata Koster di Denpasar, Selasa (15/12). "Meningkatnya arus kunjungan ke Bali dan tingginya potensi kerumunan masyarakat selama libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 di Bali."

Selain itu, ada juga klaster baru yang perlu diwaspadai yakni 248 mahasiswa Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) terjangkit COVID-19. Ia menekankan jika klaster baru ini harus benar-benar diwaspadai karena sudah masuk ke lingkungan keluarga.

Namun demikian, Koster meminta agar wisatawan yang hendak datang ke Bali tidak perlu takut. Sebab pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi untuk menekan penularan kasus. "Silakan datang ke Bali, tapi ikuti syaratnya," kata dia.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait