'Mr. Queen' Dituding Sebagai Drama Anti Korea, Begini Penjelasan Tim Produksi
Naver
TV

Sebelum ditayangkan, 'Mr. Queen' telah menuai perdebatan online karena beberapa netizen menuduh novelis asli Xian Chen rasis terhadap orang Korea di masa lalu.

WowKeren - "Mr. Queen" sudah ditayangkan sejak akhir pekan lalu. Namun, drama tvN yang dibintangi Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun itu saat ini mendapat kritik keras dari penonton setelah terlibat dalam beberapa kontroversi.

"Mr. Queen" adalah drama yang diadaptasi dari novel Tiongkok karya Xian Chen serta serial drama web Tiongkok. Dramanya berkisah tentang seorang pria dari zaman modern yang terlibat dalam kecelakaan aneh dan terbangun untuk menemukan bahwa jiwanya berakhir di tubuh ratu dinasti Joseon yang baru menikah.

Sebelum ditayangkan, "Mr. Queen" telah menuai perdebatan online karena beberapa netizen menuduh novelis asli Xian Chen rasis terhadap orang Korea di masa lalu. Netizen mengatakan bahwa di karya masa lalunya yang lain, Xian Chen berulang kali menggunakan bahasa gaul yang menghina untuk mengejek orang Korea.

Menanggapi kontroversi ini, produser kepala "Mr. Queen" angkat bicara menjawab, "Memang benar bahwa drama ini didasarkan dari novel China asli. Namun satu-satunya elemen yang benar-benar kami adaptasi dari karya aslinya adalah bahwa jiwa dari pemeran utama pria berakhir di tubuh ratu. Sisa ceritanya sangat berbeda."


Kemudian setelah penayangan episode 1 dan 2 "Mr. Queen" akhir pekan ini, drama tersebut semakin menjadi kontroversi. Netizen menuduh drama tersebut mengejek sejarah Korea dan mengubahnya secara tidak bertanggung jawab.

Dalam satu adegan, ratu (Shin Hye Sun) dituduh melakukan seksualisasi terhadap catatan sejarah terkait hubungan keluarga kerajaan. Di sisi lain, "Mr. Queen" memasukkan komentar bercanda tentang ritual leluhur kerajaan di Kuil Jongmyo, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO. Dalam adegan lain, sebuah rumah pelacur disebut dengan satir mengolok-olok kontroversi "Burning Sun" yang terkenal itu.

Saat episode 2 yang ditayangkan pada 13 Desember, Ratu Shinjeong, istri Putra Mahkota Hyomyeong, digambarkan sebagai seorang wanita yang terobsesi dengan takhayul. Penggambaran ini mendapatkan suara prihatin dari masyarakat leluhur Ratu Shinjeong, yang menyatakan bahwa tokoh sejarah tidak boleh diejek begitu saja.

Banyak netizen berkomentar bahwa meskipun secara teknis "Mr. Queen" adalah drama komedi namun telah mengambil beberapa aspek terlalu jauh dalam menggambarkan sejarah Korea yang sangat terdistorsi, terutama pada saat drama sejarah Korea dinikmati secara internasional lebih dari sebelumnya.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru