Media AS Sebut Vaksin Sinovac Manjur Cegah Corona Berdasarkan Uji Klinis di Brasil
Dunia

Brasil merupakan negara pertama yang menyelesaikan uji klinis tahap akhir vaksin corona Sinovac. Diketahui, vaksin Sinovac juga tengah menjalani uji klinis di Indonesia dan Turki.

WowKeren - Media Amerika Serikat, Wall Street Journal, melaporkan perkembangan uji klinis vaksin corona buatan Sinovac di Brasil. Dalam uji klinis tahap akhir di Brasil, efikasi (kemanjuran) vaksin Sinovac disebut telah melampaui batas minimum 50 persen.

Dengan demikian, vaksin Sinovac disebut manjur untuk mencegah COVID-19 dan bisa mendapat lampu hijau untuk digunakan publik. Adapun WSJ mendapat informasi ini dari pihak-pihak yang terlibat dalam uji klinis tahap akhir vaksin Sinovac di Brasil.

Butantan Institute yang mengelola uji klinis vaksin Sinovac di Negara Bagian Sao Paolo, Brasil, rencananya akan mengumumkan hasil uji klinik tersebut pada Rabu (23/12). Butantan menyatakan bahwa segala laporan terkait kemanjuran vaksin yang diungkap sebelum Rabu hanyalah spekulasi.

Sebagai informasi, sekitar 11 ribu pekerja medis di Ibu Kota Brasil dan tujuh negara bagian lain terlibat dalam uji klinis tahap III vaksin Sinovac ini. Pemerintah Sao Paulo menyatakan bahwa separuh relawan diberi vaksin, sedangkan separuh lainnya menerima plasebo.


Lebih dari 200 orang relawan dilaporkan terpapar COVID-19 selama masa uji klinis. Menurut Direktur Butantan, Dimas Covas, data tersebut digunakan untuk menghitung kemanjuran vaksin dengan menghitung berapa banyak relawan yang terinfeksi yang mendapat CoronaVac atau plasebo.

Menurut Covas, hasil uji klinis tahap III ini tengah ditinjau oleh komite independen yang terdiri dari lima orang ahli. Meski tidak mengungkapkan identitas para ahli tersebut, Covas menegaskan bahwa mereka berasal dari negara di luar Brasil atau Tiongkok.

Nantinya, hasil uji klinis vaksin Sinovac ini akan diserahkan ke regulator obat di Brazil dan Tiongkok pada hari Rabu. Menurut Covas, ada kemungkinan CoronaVac akan disetujui di Tiongkok sebelum Brasil.

Di sisi lain, Brasil merupakan negara pertama yang menyelesaikan uji klinis tahap akhir vaksin corona Sinovac. Diketahui, vaksin Sinovac juga tengah menjalani uji klinis di Indonesia dan Turki.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait