Popularitas Sandiaga Diprediksi Bisa Meredup Usai Jabat Menteri
Nasional

Selama ini pendukung Sandiaga adalah pihak yang berada di kapal oposisi. Dengan bergabungnya Sandiaga ke pemerintahan maka diprediksi dukungan akan memudar.

WowKeren - Penunjukan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dinilai akan berdampak pada popularitasnya. Popularitas Sandiaga diprediksi bisa meredup usai menjabat sebagai menteri.

Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Pilitical Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah. "Potensi ditinggalkan pendukung untuk Sandiaga terbuka," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/12).

Bukan tanpa alasan, selama ini pendukung Sandiaga adalah pihak yang berada di kapal oposisi. Dengan bergabungnya Sandiaga ke pemerintahan maka diprediksi dukungan akan mulai memudar. Yang mana, hal ini sebelumnya sudah pernah terjadi pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mulai ditinggalkan para pendukungnya saat bergabung ke kabinet pemerintah.

"Persis seperti Prabowo yang berangsur kehilangan elektabilitas," ujar Dedi menambahkan. "Bahkan Gerindra di Pilkada 2020 alami kekalahan signifikan."

Lebih jauh, ia menyebut jika konsekuensi bagi Sandiaga ke depan adalah tergerusnya elektabilitas saat Pilpres mendatang. "Potensi tergerusnya popularitas dan elektabilitas Sandiaga sangat mungkin," tutur Dedi.


Hal senada disampaikan oleh Pengamat politik Andri W Kusuma. Menurutnya, Sandiaga seharusnya menolak tawaran menjadi menteri. ia khawatir masyarakat akan kehilangan kepercayaan. "Saya khawatir masyarakat akan lelah dan bahkan kehilangan kepercayaannya pada sebuah proses politik," papar Andri dilansir dari Republika, Sabtu (26/12).

Menurutnya, fenomena politik yang terjadi belakangan disebutnya tak sejalan dengan prinsip demokrasi. "Bahkan, cenderung justru kontradiktif terhadap perkembangan demokrasi itu sendiri," kata Andri.

Ia kemudian berbicara mengenai kontestasi Pilpres 2019 lalu. Peraturan begitu keras terutama dari segi gagasan, lanjut Andri, menjadi seperti hanya sebuah cerita dongeng. "Tentu ini bisa berdampak pada ketidakpercayaan masyarakat pada sebuah proses politik," paparnya.

Untuk Prabowo, menurutnya masih bisa dimaklumi. Sebab Prabowo adalah ketua parpol, meskipun hal ini sempat membuat kecewa pendukungnya. "Bergabungnya Sandiaga Uno ke kabinet lebih menyempurnakan kekecewaan tersebut,” katanya.

Terkait Pilpres 2019, perbedaan gagasan bahkan turut memunculkan dua pendapat berbeda di masyarakat yang sangat tajam. Yang mana, perbedaan itu masih bisa dirasakan hingga kini. "Dan residunya pun masih dirasakan bahkan sampai saat ini," imbuhnya lagi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait