Soal Wisata Halal Ramai Dikritik, Sandiaga Buka Suara
Nasional

Sandiaga meyakini jika pariwisata dan ekonomi kreatif bisa jadi jalan keluar Indonesia dari krisis akibat pandemi. Begitu juga dengan upaya menciptakan lapangan kerja

WowKeren - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta agar perdebatan soal isu wisata halal segera dihentikan. Sebab, perdebatan semacam ini menurutnya akan menjadi hal yang kontraproduktif.

Pasalnya seperti diketahui, sektor pariwisata Indonesia telah terpukul akibat pandemi. Oleh sebab itu diperlukan perjuangan untuk membenahi sektor tersebut.

"Perdebatan di media sosial mengenai pariwisata berbasis religi, spiritual, halal, atau syariah itu sangat tidak perlu," kata Sandiaga dilansir CNN Indonesia, Senin (28/12).

Pemerintah, disebutnya akan memastikan pariwisata tetap berjalan tanpa menimbulkan risiko penularan COVID-19. Sebab pandemi tak hanya menghantam sektor wisata namun juga telah melumpuhkan perekonomian Indonesia.


Politikus Partai Gerindra tersebut meyakini jika pariwisata dan ekonomi kreatif bisa jadi jalan keluar Indonesia dari krisis akibat pandemi. Menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya menjadi hal yang perlu dilakukan untuk segera mengentaskan negara ini dari dampak pandemi. Karena itu, Sandiaga mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama.

"Mari semua pihak bergandengan tangan," ujar Sandiaga melanjutkan. "Memastikan bahwa pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif jadi lokomotif membuka lapangan kerja seluas-luasnya."

Sebelumnya, Sandiaga mengakui diminta Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan wisata halal. Wisata halal menurutnya bisa menggairahkan kembali pariwisata RI.

Namun rupanya pernyataan Sandiaga ini menuai kritik. Ketua Bidang UMKM Partai NasDem Niluh Djelantik menolak tegas jika konsep wisata halal akan diterapkan di Bali maupun Toba karena dianggap kurang cocok.

"Pokoknya ingat pesan kami," kata Niluh melalui akun media sosial. "Tidak perlu utak-atik Bali, NTT, Toba, Toraja, dan daerah-daerah lain yang sudah puluhan tahun menjadi magnet pariwisata Indonesia dengan karakter dan budayanya."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru