Mencari Tuhan, Denny Sumargo Sempat Masuk Pesantren-Sholat Hingga Ibadah di Klenteng
Instagram/sumargodenny
Selebriti

Denny Sumargo mengungkap kisah spiritualnya saat masih muda. Ia sempat mengalami krisis terkait keyakinannya hingga mempelajari sejumlah agama dan beribadah di tempat yang berbeda-beda.

WowKeren - Mendiang ayah Denny Sumargo, Nazar Chan, diketahui merupakan pemeluk agama Islam. Bahkan Nazar ternyata sempat menunaikan ibadah haji semasa hidupnya.

Disisi lain, ibunda Denny, Meiske, seorang non muslim. Memiliki orangtua berbeda agama, Denny pun pernah masuk fase dimana ia sempat bingung soal keyakinan.

Denny mengakui kalau ia sempat mempelajari Islam. Selain belajar Al-Quran, suami dari Olivia Allan ini juga sempat menunaikan sholat dan masuk pesantren.

"Gue pikir ada yang salah sama diri gue dan gue memang stres banget dengar banyak suara, insting gue yang akhirnya nolong gue, dia nyari jalan. Tiba-tiba kayak gue pergi mencari Tuhan tuh. Nah gue cari, gue ke masjid gue salat karena gue waktu kecilnya emang ngaji, gue masuk pesantren karena masih pencarian agama kan," kata Denny. "Gue ke masjid, salat ‘Kok gue nggak nemu Tuhan, ya?'"


Pencarian Denny terus berlanjut. Ia sempat beribadah di gereja hingga klenteng. "Gue ke gereja, gue sembayang, ke klenteng, ‘Kok enggak ketemu juga Tuhan'," kata Denny di vlog Onadio Leonardo.

Sempat kebingungan, Denny akhirnya menemukan jalan keluar. Denny menyadari kalau ia keliru soal caranya mencari Tuhan.

"Pencarian Tuhan bukan di sini lagi (logika) tapi di sini (hati) kan," kata Denny. "Ini sesuatu yang abstrak yang lo enggak bisa jelasin secara matematika."

Denny lantas melakukan perjalanan ke Gunung Kerinci. Ia merasakan kenyamanan dan ketenangan ketika berada di Kerinci.

"Hati gue lagi hancur, gue bingung nyembuhinnya gimana, terus gua lihat itu gunung setiap hari, sampai Subuh, gua ngelihat, tiba-tiba ada bisikan. Gue naik pelan-pelan, kecapekan, halusinasi, gue 7 hari, lagi stres, kayak putus cinta," ujar Denny. "Terus gua jalan, kehausan, terus gua berdoa, ada genangan air bekas hujan. Gua ngomong sendiri, jawab sendiri, kayak orang gila. (Umur) 32 gue menjalani perjalanan spiritual, gue ngalami mode suatu kondisi spiritual. Gue pernah ke Gunung Kerinci, gue semacam mati suri. Gue nggak tahu itu halusinasi atau tidak tapi ada spirit (jiwa) yang tolong gue."

Perjalanan spiritual itu membuat Denny jadi lebih religius. "Yang biasa setiap malam gua cari cewek, gua buka Alkitab dan Al-quran. Kesenangan gua soal duniawi hilang, bingung gua. Tapi yang bikin gua semangat itu gua kayak dengar suara 'Dengarkan perkataan ini'. Gua baca dan akhirnya gua menemukan Kerajaan Tuhan. Itu bikin gua happy," ujar Denny.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts