PNS Akan Digaji Paling Sedikit Rp9 Juta, Pengamat: Lukai Hati Rakyat!
Nasional

Muncul rencana Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan diberi gaji paling sedikit Rp9 juta setiap bulannya, langsung mendapatkan protes dari pengamat kebijakan publik dengan alasan ini.

WowKeren - Pemerintah Indonesia berencana menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) minimal Rp9 juta di tahun depan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Rencana ini rupanya mendapatkan protes dari Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah. Ia menilai rencana pemerintah untuk menaikkan gaji PNS di tengah pandemi virus corona telah melukai hati masyarakat.

Bagaimana tidak, ia menilai saat ini masih banyak masyarakat yang terdampak COVID-19 di sektor ekonomi. Karena itu, Trubus khawatir kebijakan itu justru akan semakin menimbulkan permasalahan dan memanaskan situasi di Tanah Air.

”Menurut saya rencana kenaikan itu justru menyakiti masyarakat. ASN ini kan lembaga pelayanan masyarakat,” kata Trubus seperti dilansir dari CNNIndonesia, Selasa (29/12). “Kalau menyakiti yang dilayani kan jadi masalah.”


Lebih lanjut Trubus mengingatkan pemerintah situasi darurat Indonesia yang masih berupaya menanggulangi situasi bencana dan kedaruratan kesehatan. Karena itu, tidak bijak jika mengalokasikan anggaran negara untuk kenaikan gaji PNS, sementara banyak warga masih kesulitan bertahan hidup di tengah situasi tak normal ini.

Selain itu, pandemi virus corona juga telah memicu ketidakpastian di sektor kesehatan maupun ekonomi karena berpotensi menjadi wabah yang berkepanjangan. Atas dasar ini, Trubus mengaku tidak yakin masyarakat dapat menerima keputusan pemerintah untuk menaikkan gaji PNS.

”Daya beli masyarakat turun drastis, konsumsi rumah tangga juga memprihatinkan, ada yang tabungannya sudah habis karena Covid,” jelas Trubus. “Nah ini kalau dinaikkan bisa memicu terjadinya kecemburuan sosial.”

Sebelumnya, Menteri Tjahjo mengabarkan jika tunjangan untuk PNS akan naik tahun depan. Dengan adanya kenaikan ini, Tjahjo menyebut jika gaji PNS minimal bisa dapat Rp 9 juta per bulan. “Jadi pegawai paling rendah ASN minimal Rp9 juta sampai Rp10 juta," kata Tjahjo di YouTube Kemenag RI, Senin (28/12).

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait