Blusukan ke Jakut, Mensos Risma Ajak Pemulung Buka Warung dan Janjikan Rumah
Nasional
Reshuffle Menteri Jokowi

Mensos Risma juga mempersilakan para pemulung tetap mencari nafkah dengan cara memulung. Sedangkan para istri pemulung tersebut dapat menjalankan usaha warung pecel lele.

WowKeren - Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan ke wilayah Pluit, Jakarta Utara, pada Rabu (30/12). Dalam agenda tersebut, Risma mengajak para pemulung untuk membuka usaha warung pecel lele.

Risma menjelaskan bahwa ada banyak ikan lele di tepat di belakang Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis "Pangudi Luhur" di Bekasi. Oleh sebab itu, Risma ingin memanfaatkan ikan tersebut untuk dipakai usaha para pengemis sebagai pecel lele.

"Di belakang itu (halaman belakang Pangudi Luhur) ada lele, nanti kita buat pecel lele. Atau buat yang lain," tutur Risma kepada para pemulung, dilansir CNN Indonesia. "Nanti kita bisa jual, Anda semua percaya saja, kalau saya yang meresmikan akan banyak yang membeli."

Menurut Risma, warung pecel lele tersebut bisa diminati banyak jika ia sendiri yang meresmikan usaha tersebut. Risma juga mempersilakan para pemulung tetap mencari nafkah dengan cara memulung. Usaha warung pecel lele tersebut, tutur Risma, dapat dikelola oleh istri pemulung tersebut.


"Bapak-bapak enggak apa-apa cari uang tetap menjadi pemulung," kata Risma. "Nanti ibu-ibu kita ajari cari uang. Nanti kita buat pecel lele."

Lebih lanjut, Risma mengklaim dirinya sebagai "ibu pemulung". Ia juga berjanji akan memberikan tempat tinggal bagi para pengemis dan pemulung di wilayah Pluit.

"Saya ini ibu pemulung, nanti saya berikan tempat, panjenengan (Anda) lihat dulu," tutur Risma. "Itu ada rumah bagus-bagus, Pak, kosong. Saya malu, Pak, ada kamarnya, ada ruang tamunya, kok kosong."

Sebelumnya, Risma juga sempat menjanjikan rumah untuk para gelandangan yang ada di sekitar Sungai Ciliwung. Selain mencarikan tempat tinggal layak, Risma juga berjanji akan mengajari para pemulung di sekitar bantaran Ciliwung untuk usaha mandiri.

"Bapak ibu saya carikan 'rumah' jadi enggak perlu ada biaya kontrak, tetap cari sampah seperti ini, nanti sampah dari Kemensos bisa untuk bapak," kata Risma pada Senin (28/12). "Sambil saya ajari usaha, masak mau kayak gini terus."

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts