Jumlah Penerima Bansos di DKI Berkurang, Driver Ojol Terdepak Dari Daftar
Nasional

Jumlah penerima bansos di DKI Jakarta berkurang dari 2,4 juta orang jadi hanya 1,9 juta orang. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Selasa (5/1).

WowKeren - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melaporkan bahwa jumlah penerima bantuan sosial (bansos) di ibu kota berkurang dari 2,4 juta orang jadi hanya 1,9 juta orang. "Jadi memang ada pengurangan jumlah dari yang sebelumnya total 2,45 juta penerima sembako, sekarang tidak sampai 1,9 kurang lebih," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (5/1).

Riza menjelaskan jika bansos tunai senilai Rp 300 ribu yang diberikan kali ini ditujukan kepada warga miskin yang kehilangan mata pencahariannya akibat pandemi COVID-19. "Jadi, sekarang yang sudah bekerja tidak lagi menerima bantuan," katanya.

Sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan, aktivitas ekonomi juga semakin membaik. "Sebelumnya kan hampir banyak sekali yang menerima. Dulu sampai (tukang ojek online) Gojek juga menerima. Sekarang kan (ojek online) tidak menerima. Jadi sekarang sudah bekerja, tidak lagi menerima bantuan," jelasnya.


Lebih lanjut, terkait penyaluran bansos tunai tersebut akan dilakukan Pemprov DKI dan pemerintah pusat selama empat bulan ke depan hingga April 2021. BST dari Pemprov DKI akan disalurkan melalui Bank DKI, sedangkan bansos tunai dari pemerintah pusat melalui PT Pos Indonesia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, meminta masyarakat untuk ikut mengawasi penyaluran dana bansos tersebut. Apabila ada kecurangan yang terjadi, masyarakat diminat untuk segera melaporkan ke pemerintah.

"Misalnya kalau mengalami pemotongan sejumlah dana bansos dari yang sudah ditetapkan pemerintah," ujar Muhadjir dilansir Kompas, Selasa (5/1). "Masyarakat diharapkan lebih berani melapor kalau terjadi penyimpangan."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait