Bukan Wali Kota, Sosok Ini Menjadi yang Pertama Dapat Suntikan Vaksin Sinovac di Papua
Nasional

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr Aaron Rumainum merupakan salah satu dari 14 relawan yang mendapatkan vaksin COVID-19 Sinovac pertama kali.

WowKeren - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr Aaron Rumainum menjadi orang pertama di Papua yang menerima vaksin COVID-19 Sinovac. Aaron sendiri menjadi salah satu dari 14 relawan yang akan menerima vaksin pertama di Papua pada 15 Januari 2021.

Sebanyak 14 relawan lainnya merupakan pejabat publik, di antaranya panglima Kodam XVII/Cenderawasih, kabag Ops Polda Papua, kepala DPPAD Papua, dan wakil wali Kota Jayapura. Namun, karena kontroversi mengenai vaksin Sinovac terus muncul di media, Aaron ingin membuktikan bahwa vaksin tersebut aman.

"Saya pikir lebih baik saya disuntik dulu biar kalau terjadi apa-apa, Pak Pangdam, wakil wali kota aman, semua aman," kata Aaron di Jayapura, Rabu (13/1). Aaron belum tahu pasti apakah nanti akan merasakan efek samping dari vaksin tersebut.

Namun, ia merasa sebagai seorang tenaga kesehatan perlu memberi contoh dan memastikan vaksin Sinovac berbahaya atau tidak. Tak hanya itu, ia juga akan menyuntikkan vaksin untuk dirinya sendiri karena bertugas sebagai vaksinator.


"Itu yang bisa saya lakukan untuk tenaga kesehatan supaya mereka tidak takut," ujarnya. "Saya bukan jagoan, saya masih berhubungan dan dekat dengan pasien COVID-19, saya tidak tahu COVID-19 ini kapan berakhir. Jadi mumpung ada vaksin gratis, ya sudah saya suntik diri sendiri."

Sejauh ini Papua telah mendapat 14.680 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Sebanyak 7.000 tenaga kesehatan di Jayapura akan menjadi penerima vaksin tahap pertama.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo telah mendapatkan suntikan pertama vaksin COVID-19 Sinovac hari ini (13/1). Proses vaksinasi dilakukan sekitar pukul 09.42 WIB dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Tak sendiri terdapat sejumlah tokoh yang turut ikut dalam vaksinasi pertama ini. Mulai dari Kapolri Idham Azis, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, tokoh lintas agama, dan lain-lain.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait