Sempat Viral, Sandiaga Bakal Cek Proyek 'Jurassic Park' di Pulau Rinca
Nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan rencananya untuk mengunjungi proyek 'Jurassic Park' di Pulau Rinca yang sempat viral di tahun 2020 lalu.

WowKeren - Pembangunan proyek 'Jurassic Park' untuk ekowisata Taman Nasional Pulau Komodo di Pulau Rinca sempat menjadi sorotan di tahun 2020. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun akan melakukan peninjauan pada proyek tersebut.

Pasalnya, Sandi ingin melihat seperti apa kawasan yang sempat viral karena foto komodo menghalau sebuah truk. "Nanti akan liat dan foto viral komodo yang di Labuan Bajo akan kita lihat secara komprehensif," ujarnya dalam rapat komisi X DPR, Kamis (14/1).


Sandiaga mengatakan, rencananya ia akan menyambangi beberapa tempat pariwisata dalam waktu dekat. Karena pada esok harinya, ia dijadwalkan akan meninjau pembangunan infrastruktur pariwisata di Mandalika. "Likupang rencananya akhir bulan ini saya ke sana. Borobudur bulan depan, rencananya bulan ini tapi karena ada PKMM kami tunda," imbuhnya.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, proyek 'Jurassic Park' sempat ramai jadi perbincangan di media sosial usai muncul foto seekor komodo yang menghalau laju sebuah truk. Tak hanya itu, penolakan atas proyek tersebut pun menjadi topik terpopuler di Twitter dengan tagar #savekomodo. Beberapa kalangan menganggap proyek tersebut akan merusak habitat asli komodo, menyingkirkan penduduk setempat dan dilakukan hanya demi kepentingan investasi.

Meski demikian, proyek tersebut sebenarnya bukan rencana yang baru dimulai di era pemerintahan Joko Widodo, melainkan sudah berlangsung sejak lama, yakni sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.48/Menhut-II/2010 tentang izin pengusahaan pariwisata alam di suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya dan taman wisata alam.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru