Festival Film Cannes 2021 Ditunda Akibat Pandemi COVID-19
Film

Penundaan penyelenggaraan Festival Film Cannes diperkirakan dapat memberi efek domino pada jadwal festival film yang lain, seperti Festival Film Venesia pada 1 September mendatang.

WowKeren - Jadwal Festival Film Cannes 2021 kembali ditunda dari Mei menjadi Juli karena pandemi Covid-19 yang masih melanda di Prancis dan dunia hingga saat ini. Hal ini diumumkan langsung oleh pihak penyelenggara ajang bergengsi tersebut.

"Awalnya dijadwalkan dari 11-22 Mei 2021. Namun, Festival Film Cannes jadinya akan berlangsung 6-17 Juli 2021," tulis tim penyelenggara Cannes dalam keterangan resmi, sebagaimana dilansir dari The Hollywood Reporter.

"Seperti yang diumumkan musim gugur lalu, Festival de Cannes berhak mengubah tanggal penyelenggaraan tergantung kondisi kesehatan global yang berkembang," lanjut pengumuman tersebut.

Penundaan penyelenggaraan Festival Film Cannes diperkirakan dapat memberi efek domino pada jadwal festival film yang lain, seperti Festival Film Venesia yang dijadwalkan digelar pada 1 September mendatang.


Di sisi lain, Cannes selama ini menjadi salah satu festival penting bagi industri perfilman global. Dalam festival itu, distributor film bertemu dengan produsen juga sineas yang akan merilis film terbaru mereka.

Bukan hanya itu, Festival Film Cannes juga menjadi pembuka dari rangkaian festival film bergengsi di dunia, yang sebagian besar dilaksanakan pada musim gugur dan awal tahun setelahnya.

Sementara itu, Cannes sudah membatalkan ajang langsungnya sejak tahun lalu karena gelombang perdana virus corona. Sementara itu, Festival Film Venesia 2020 tetap diselenggarakan sesuai rencana dengan langkah keamanan super ketat.

Tahun ini, Festival Film Berlin, salah satu festival besar di Eropa, juga tetap diselenggarakan meski dengan sistem hybrid. Festival Film Berlin akan digelar daring pada Maret 2021 dan secara langsung pada Juni 2021.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel