Warga Malang Dikejutkan Suara Dentuman, BPBD Pastikan Bukan Dari Letusan Gunung Semeru
istockphoto
Nasional

Menurut petugas call center BPBD Kota Malang, Aziz, dentuman tersebut sudah tak terdengar lagi. Masyarakat lantas dimintanya untuk tetap tenang dan tidak panik.

WowKeren - Warga Kota Malang, Kota Batu, dan sekitarnya dikejutkan oleh suara dentuman misterius pada Selasa (2/2) tengah malam hingga Rabu (3/2) dini hari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang pun tengah menyelidiki sumber suara dentuman tersebut.

Pihak BPBD telah memastikan bahwa dentuman tersebut tak berkaitan dengan aktivitas Gunung Semeru. Dentuman itu juga disebut terdengar seperti meriam.

"Kami duga itu aktivitas vulkanik dari gunung semeru, ternyata bukan karena kami konfirmasi kan di BPBD Lumajang dan pos pantau sana memang bukan suaranya aktivitas Gunung Semeru," terang petugas call center BPBD Kota Malang, Aziz, dilansir Kumparan. "Jadi dipastikan bukan suara letusan Gunung Semeru karena juga levelnya masih level 2 waspada."

Selain itu, BPBD juga memastikan bahwa dentuman tersebut bukan berasal dari aktivitas Gunung Raung. Pasalnya, jarak gunung tersebut cukup jauh dari Malang.


"Juga ada informasi beredar dari Gunung Raung, itu juga kami konfirmasi di sana bukan. Walaupun Gunung Raung saat ini aktivitasnya meningkat terdengar gemuruh, tapi enggak mungkin sampai Kota Malang yang jaraknya ratusan kilometer," jelas Aziz. "Gunung Raung meletus saja itu cuma di lerengnya yang terdengar gemuruhnya, jadi enggak mungkin sampai terdengar di wilayah Kota Malang."

Menurut Aziz, dentuman tersebut sudah tak terdengar lagi. Masyarakat lantas dimintanya untuk tetap tenang dan tidak panik.

"Untuk saat ini sudah agak mendingan, tapi yang tadi hebohnya pukul 23.00 WIB tadi," tutur Aziz. "Warga ya cuma keluar rumah mengecek di sekitar ada (suara) apa dan ramainya juga di WA, di medsos."

Sementara itu, suara dentuman tersebut terdengar cukup kuat di beberapa wilayah. Kaca jendela rumah warga bahkan disebut bergetar akibat dentuman tersebut.

"Iya terdengar seperti suara meriam gitu. Jadi tadi sekitar pukul 23.00 WIB malam hari tadi sudah terdengar dentumannya itu di wilayah Malang Raya, jadi di Kota Batu juga terdengar di Kabupaten Malang, Kepanjen juga kedengaran," pungkas Aziz. "Dentumannya cuma seperti suara meriam, dem dem dem gitu aja. Cuma ada yang sampai merasakan getaran, jendelanya bergetar gitu. Jadi kacanya getar gitu."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru