Marzuki Alie Sebut AHY Tak Beretika Usai Seret Nama Jokowi di Isu Kudeta Partai Demokrat
Nasional

Marzuki Alie menilai Agus Harimurti Yudhoyono tidak beretika saat menyeret nama Presiden Joko Widodo dalam upaya pelengserannya. Berikut penuturan lengkap mantan Sekjen Partai Demokrat tersebut.

WowKeren - Mantan Sekjen Partai Demokrat, Marzuki Alie, mengkritik pernyataan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) soal isu kudeta terhadap dirinya. Ia menyebut AHY tak beretika karena menyeret nama Presiden Joko Widodo dalam konflik internal partainya.

"Beliau orang muda, bagus. Tapi, mulai lebih bijak lagi, apalagi bicara di ruang publik. Boleh dia ngomong, tapi tidak boleh nyebut nama Presiden, klarifikasi ke Presiden, etikanya tidak ada," kata Marzuki seperti dilansir dari Tribunnews.com pada Rabu (3/2).

Marzuki mengatakan bahwa AHY seharusnya bisa menyelesaikan permasalahan ini secara internal dan berbicara baik-baik dengan beberapa pihak yang diduga terlibat. Ia mengandaikan jika Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diseret dalam situasi serupa, AHY sebagai anak pasti tak terima.

"Bagaimana kalau SBY dulu diperlakukan seperti itu. Tidak enak juga. Pasti tidak mungkinlah Pak Jokowi menanggapi (tudingan) itu. Kan tidak pas juga. Kalau ada orangnya si A, si B, tunjuk aja hidungnya dan dia harus menyampaikannya. Jangan orang sekitarnya nuduh-nuduh," imbuhnya.


Marzuki juga menceritakan pengalaman serupa yang pernah dialaminya saat masih menjabat sebagai Sekjen Partai Demokrat. Ia mengaku sempat akan dilengserkan, namun situasi itu ia hadapi dengan bijak agar tak sampai ke ranah eksternal.

"Waktu itu kan gonjang-ganjing kan banyak, mau menjatuhkan Sekjen. Tidak pernah saya respons dengan berita-berita seperti ini. Kerja saja. Buktikan kerja kita bagus. Kita tunjukkan dan hasilnya kita menang pemilu saat itu," pungkasnya.

Sementara itu, AHY telah mengirim surat kepada Presiden Jokowi untuk mengklarifikasi upaya pelengserannya. Ia berkata, "Yang nonkader partai adalah seorang pejabat tinggi pemerintahan yang, sekali lagi, sedang kami mintakan konfirmasi dan klarifikasinya kepada Presiden Joko Widodo."

Di sisi lain, elite Partai Demokrat telah mengungkap beberapa nama yang diduga terlibat dalam isu kudeta tersebut. Salah satunya adalah Marzuki Alie yang sudah tidak aktif sekitar enam tahun di Partai Demokrat.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait