Viral Pasar Muamalah Depok Pakai Dinar-Dirham, 2 Kg Telur Jadi Setara Hampir Rp75 Ribu
Nasional

Dalam sebuah penelusuran oleh program 'Aiman' di Kompas TV, terungkap bahwa 1 koin dirham, yang kurang lebih setara Rp73.500, sempat ditukar dengan 1-2 kilogram telur ayam.

WowKeren - Beberapa waktu lalu Indonesia digegerkan dengan transaksi jual beli di Pasar Muamalah, Depok, Jawa Barat yang memakai koin dinar dan dirham. Padahal regulasi Indonesia mengatur agar transaksi perbelanjaan Tanah Air menggunakan mata uang Rupiah.

Kekinian sang pendiri pasar, Zaim Saidi, sudah ditetapkan sebagai tersangka. Namun praktik jual beli dengan koin dinar dan dirham di Pasar Muamalah Depok masih menjadi pertanyaan, termasuk bagaimana kesetaraan harga produk-produk yang dipasarkan di sana.

Untuk diketahui terlebih dahulu, satu koin dinar emas berbobot 4,25 gram dihargai Rp4 juta per kepingnya. Sedangkan 1 koin dirham perak berbobot hampir 3 gram dihargai Rp73.500 per kepingnya.

Dengan sistem ini, harga komoditas akhirnya terpaksa menyesuaikan nilai dirham yang dipakai, atau dengan kata lain dibulatkan. "Pecahannya (dirham) cuma 2. Harganya (barang) itu setengah atau satu (dirham)," terang Sari, salah seorang pedagang di pasar tersebut, dalam wawancara eksklusifnya dengan Aiman Witjaksono di "Aiman", Kompas TV, Senin (8/2).


Sari menambahkan, apabila belanja tak sampai satu dirham, maka kembaliannya setengah dirham karena hanya 2 pecahan itu yang tersedia. Kendati demikian, pembeli dan penjual bebas menentukan kesepakatan dalam transaksi. Meski sekilas tampak menguntungkan, namun berpotensi pula melambungkan harga komoditas terkait.

Hal serupa juga dibenarkan oleh Nisa, salah seorang pedagang sembako di Pasar Muamalah Depok. "Tidak ada sisa (kembalian), kita dikasihnya koin itu mesti dihabiskan," ungkap Nisa, dilansir pada Selasa (9/2).

Karena itulah, koin dirham yang dimiliki harus ditukar dengan komoditas tertentu. Salah satu pengalaman Nisa adalah menukar 1 koin dirham, yang setara Rp73.500, dengan satu plastik telur ayam dengan berat 1-2 kilogram. Padahal, sebagai informasi, saat ini sekilo telur ayam rata-rata harganya tak lebih dari Rp26 ribu dalam situasi normal.

Di sisi lain, Zaim Saidi selaku pendiri Pasar Muamalah Depok kini telah diringkus pihak berwajib dan disangkakan dengan Pasal 9 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana dan Pasal 33 UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. "Ancaman hukuman 1 tahun penjara dan denda 200 juta rupiah," ternag Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, di Jakarta, Rabu (3/2).

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait