Kebut Vaksinasi, Satgas COVID-19 Pede RI 'Merdeka' Dari Corona 17 Agustus
Nasional
Vaksin COVID-19

Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menargetkan Indonesia dapat mengendalikan pandemi COVID-19 pada 17 Agustus 2021 mendatang yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

WowKeren - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo menargetkan Indonesia dapat mengendalikan pandemi COVID-19 pada 17 Agustus 2021 mendatang. Hal ini bertepatan dengan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Target tersebut akan diiringi kebijakan yang tepat dan kepatuhan masyarakat. "Target kita adalah pada 17 Agustus yang akan datang kita harus betul-betul terbebas dari COVID-19," kata Doni dalam rapat koordinasi yang digelar secara virtual di kanal Youtube Pusdalops BNPB, Senin (15/2). "Artinya COVID-19 betul-betul pada posisi yang dapat dikendalikan."

Ia juga mengatakan pemerintah daerah juga harus melibatkan masyarakat dalam menangani pandemi COVID-19. Menurutnya, masyarakat bisa bersama-sama mencari cara terbaik dalam menanggulangi pandemi.


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu menilai jika semua pihak harus menyadari bahwa salah satu kunci utama dalam penanggulangan wabah COVID-19 adalah kedisiplinan dan kepatuhan warga dalam menjalani protokol kesehatan. Oleh sebab itu, Doni meminta agar warga tetap menaati semua ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah, termasuk soal aturan-aturan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Pulau Jawa yang sudah berlangsung sejak 8 Februari hingga 22 Februari mendatang.

"Lewat komando Presiden Jokowi kita lebih fokus pada pendekatan berbasis mikro, RT/RW," ujarnya. "Kita berharap setiap daerah yang padat penduduknya, terutama perkotaan yang memiliki pemukiman padat seperti rusun bahkan apartemen hendaknya bisa didapatkan cara terbaik bagaimana meredam kasus harian maupun aktif."

Sementara itu, pemerintah akan melaksanakan tahap 2 vaksinasi COVID-19 yang ditargetkan untuk pekerja layanan publik sampai lansia. Menurut rencana, vaksinasi ini akan dimulai pada bulan Februari ini hingga Mei 2021 mendatang.

Kementerian Kesehatan sendiri mencatat ada 38.513.446 orang yang masuk dalam kategori penerima vaksin tahap 2 ini. "Total sasaran vaksinasi tahap kedua ini mencapai 38.513.446 yang terdiri dari 21 juta lebih lansia, dan hampir 17 juta untuk pekerja pelayanan publik. Kita harapkan dapat selesai pada Mei," ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu, Senin (15/2).

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts