Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Dukung Penuh Vaksin Nusantara yang Digagas Terawan
Nasional

Ganjar Pranowo bahkan menyatakan siap memberikan fasilitas milik Pemprov Jawa Tengah untuk mempercepat riset Vaksin Nusantara. Diketahui, penelitian Vaksin Nusantara selama ini dilakukan di Undip dan RSUP dr Kariadi.

WowKeren - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo siap mendukung penuh pengembangan vaksin virus corona buatan anak negeri, yakni Vaksin Nusantara, yang digagas oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Adapun vaksin buatan Universitas Diponegoro Semarang tersebut telah dinyatakan lulus uji klinis tahap pertama dan kini memasuki uji klinis tahap kedua.

"Tentu saya siap dan mendukung penuh," kata Ganjar pada Kamis (18/2). "Kalau nanti itu sudah diuji, seperti GeNose dulu, kami siap menggunakannya. Tinggal nanti dari industrinya seberapa bisa melakukan itu."

Ganjar juga mendukung percepatan proses pengembangan Vaksin Nusantara. Politisi PDIP tersebut menyatakan siap memberikan fasilitas milik Pemprov Jawa Tengah untuk mempercepat riset Vaksin Nusantara. Diketahui, penelitian Vaksin Nusantara selama ini dilakukan di Undip dan RSUP dr Kariadi.

"Kalau nanti umpama butuh tempat lain untuk penelitian, umpama butuh rumah sakit lain sebagai tempat riset, saya siap mendukung penuh," tegas Ganjar. "Tujuh rumah sakit daerah milik Pemprov akan saya berikan semuanya untuk itu."


Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan bahwa dirinya memberikan dukungan penuh lantaran Vaksin Nusantara adalah karya anak bangsa yang dikembangkan di Jawa Tengah. Menurut Ganjar, dirinya sudah sempat bertemu dan berbicara dengan Terawan terkait vaksin ini.

"Apalagi ini dari Jawa Tengah, menurut saya ini sangat penting untuk dikawal," jelas Ganjar. "Saya sudah ketemu dengan Pak Terawan dan beliau sudah menceritakan hal ini. Dari ceritanya, metode dan metodologi penggunaannya, vaksin ini jauh lebih aman."

Adapun sampel dari Vaksin Nusantara ini disebut Ganjar diambil dari orang Indonesia. "Jadi kalau orang melihat DNA-nya orang Indonesia, mudah-mudahan bisa lebih bagus," ujar Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar juga menyebut bahwa pemerintah harus memberikan dukungan dan proteksi untuk seluruh riset anak bangsa terkait penanganan pandemi corona. Contohnya adalah Vaksin Nusantara, Vaksin Merah Putih, hingga alat deteksi corona GeNose.

"Artinya, proses-proses yang sudah berjalan dan hasilnya bagus, pemerintah mesti memproteksi, negara harus memproteksi ini sehingga kita bisa mandiri," pungkas Ganjar. "Dengan begitu, maka kita tidak akan terus bergantung pada negara lain."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait