Sempat Terkendala, Kemendikbud Sebut Peserta SNMPTN Tak Perlu Input Nomor KIP Kuliah
https://www.kemdikbud.go.id/
Nasional

Menjawab kendala para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, Kemendikbud mengatakan agar peserta tak perlu menginput nomor KIP Kuliah pada halaman pendaftaran SNMPTN-LTMPT.

WowKeren - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah dibuka sejak Senin (15/2) hingga Rabu (24/2) mendatang. Namun, pada masa pendaftaran para peserta menemui sejumlah kendala.

Salah satunya terkait nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang harus diinputkan. Menjawab persoalan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan jika peserta tak perlu menginput nomor KIP Kuliah pada halaman pendaftaran SNMPTN-LTMPT.

Dalam laman resmi KIP Kuliah Kemendikbud yang dilansir pada Senin (22/2), siswa Peserta KIP Kuliah jalur seleksi SNMPTN cukup melengkapi berkas pendaftaran KIP Kuliah dan memilih seleksi SNMPTN pada menu SELEKSI SIM KIP Kuliah. Sinkronisasi antara SIM KIP Kuliah dan SIM Pendaftaran SNMPTN–LTMPT akan dilakukan secara otomatis dan berkala melalui mekanisme host-to-host (berlaku bagi yang sudah finalisasi maupun yang belum).


Pemerintah melalui Puslapdik Kemendikbud terus berkomitmen untuk membuka akses pendidikan tinggi seluas-luasnya bagi seluruh siswa di Indonesia. Prof Nizam Dirjen Dikti Kemendikbud mengatakan pemerintah mengalokasikan kuota KIP Kuliah bagi sebanyak 200.000 mahasiswa. “Jumlahnya sama dengan tahun sebelumnya,” ujarnya dilansir dari Antara, Senin (22/2).

Sebelumnya, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohammad Nasih telah menjelaskan jika KIP Kuliah saat ini memang dalam proses sinkronisasi antara LTMPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) sehingga membuat pengisian nomor KIPK belum dibuka. "Untuk KIP Kuliah memang sedang dalam sinkronisasi antara LTMPT Kemdikbud dan Kemenag," kata Nasih dilansir dari Kompas, Kamis (18/2).

Sekedar informasi, KIP Kuliah merupakan beasiswa yang diberikan untuk membantu calon mahasiswa yang berpotensi akademik baik tetapi mengalami keterbatasan ekonomi. Pendaftaran akun siswa KIP Kuliah yakni mulai 8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021.

Pendaftaran KIP Kuliah dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Calon penerima juga harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah berhasil melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru