Hari Ini Terakhir Pendaftaran Kartu Pra Kerja, Wajib Lalui 5 Tahap Berikut Demi Dapat Insentif
Instagram/prakerja.go.id
Nasional
Kartu Pra Kerja

Pemerintah menyediakan insentif sampai Rp3,55 juta untuk peserta Kartu Pra Kerja yang lolos seleksi. Namun untuk mendapatkannya, peserta harus melalui 5 tahap berikut ini.

WowKeren - Pemerintah resmi membuka Gelombang 12 pendaftaran Kartu Pra Kerja pada awal pekan ini. Dan tepat pada Jumat (26/2) hari ini, pendaftaran tersebut akan ditutup, dilanjutkan dengan seleksi menentukan 600 ribu peserta yang berhak menerima manfaatnya.

Usai mendaftar, status akun di situs prakerja.go.id akan berubah menjadi "sedang dievaluasi". Jika kemudian lolos, maka total ada 5 tahapan yang harus dilalui peserta sebelum akhirnya berhak menerima insentif senilai Rp3,5 juta yang dijanjikan pemerintah.

Langkah pertama yang harus dilalui jelas adalah pelatihan. Head of Communication Project Office (PMO) Kartu Pra Kerja, Louisa Tuhatu, menyatakan peserta akan mendapat Rp1 juta sebagai dana pelatihan.

"Setelah mereka lolos seleksi, maka di dasbor mereka akan muncul dana bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta," ujar Louisa, Kamis (25/2). "Yang bisa langsung digunakan untuk membeli pelatihan."


Dana ini tak bisa diuangkan dan hanya bisa dipakai untuk membeli pelatihan. Namun yang patut diingat, ada batas waktu untuk penggunaan biaya pelatihan ini atau malah berpotensi masuk daftar hitam Kartu Pra Kerja jika sampai tak dimanfaatkan sebelum jatuh tempo.

Lalu setelahnya peserta mengikuti pelatihan yang dilakukan secara daring. Bila sudah selesai peserta akan mendapatkan sertifikat elektronik.

Peserta kemudian diminta mengisi ulasan dan penilaian atas pelatihan yang diikuti. Baru setelahnya peserta akan mendapatkan insentif pasca pelatihan sebesar Rp600 ribu yang akan diberikan selama 4 bulan berturut-turut.

Setelah menjalani pelatihan, peserta bisa mengisi 3 survei yang diberikan. Nantinya peserta akan mendapatkan insentif sampai total Rp150 ribu, dengan Rp50 ribu diberikan setelah masing-masing survei diisi.

Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya! Dan pastikan pula mendaftar hanya di situs resmi prakerja.go.id. Isi setiap langkahnya dengan cermat dan lengkap. Serta waspadai penipuan yang mengatasnamakan Kartu Pra Kerja. Semoga beruntung!

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts