Sudah 14 Bulan Berlalu, KPK Masih Belum Temukan Harun Masiku
Twitter/KPK_RI
Nasional

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, mengklaim pihaknya masih memburu eks calon legislatif PDIP Harun Masiku yang telah melarikan diri selama 14 bulan.

WowKeren - Tersangka kasus dugaan suap PAW anggota DPR, Harun Masiku hingga saat ini masih menjadi buronan KPK. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, mengklaim pihaknya masih memburu Harun Masiku hingga 14 bulan ini.

Alex berujar KPK terus berupaya menuntaskan penanganan kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 yang menjerat Harun. "Kita sudah membentuk Satgas (Satuan Tugas) khusus untuk pencarian DPO," kata Alex saat ditemui di markas KPK, Jakarta Selatan, Selasa (2/3).

"Kami sudah membentuk dua Satgas. Karena bukan hanya Harun Masiku yang kami cari, tapi ada yang lainnya," lanjutnya. "Kita tetap berusaha cari yang bersangkutan, bahkan sudah libatkan pihak kepolisian."


Alex pun meyakini jika Harun masih berada di dalam negeri lantaran sejauh ini belum diperoleh laporan dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengenai data perlintasan sosok yang masuk DPO tersebut. Untuk diketahui, KPK sudah mencegah buronan tersebut bepergian ke luar negeri.

"Kami meyakini yang bersangkutan masih di dalam negeri. Kalau sistemnya berjalan dengan baik dengan surat cegah itu kan pintu-pintu keluar yang resmi itu kan sudah ditutup," ujarnya. "Kecuali dia kemudian keluarnya lewat pintu-pintu yang tidak terdeteksi seperti perahu, kan. Kalau lewat pintu resmi yang dijaga Imigrasi, enggak akan lolos."

KPK masih tetap membuka kerja sama dengan masyarakat perihal proses pencarian Harun. "Kalau ada masyarakat yang tahu, kami sudah buka kontak pelaporan di KPK. Silakan saja yang mengetahui, silakan melapor. Kami enggak akan berhenti mencari pihak yang mangkir dipanggil KPK, baik itu saksi atau tersangka," jelasnya.

Sebelumnya, kerabat Harun yang bernama Daniel Tonapa Masiku meminta agar kerabatnya yang menjadi buron tersebut bisa segera menyerahkan diri ke KPK untuk menyudahi drama perburuan tersebut. "Dari saya pribadi karena masih ada saudara kandungnya, saya secara pribadi mengimbau supaya kalau perlu (Harun Masiku), ya, menyerahkan diri," tutur Daniel di Gedung Merah Putih KPK pada Selasa (19/1). "Supaya juga ada segera kepastian bagi dia, kepastian bagi keluarga."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts