Mutasi Corona Inggris Masuk RI, Ternyata Berasal Dari Arab Saudi Melalui TKI
Unsplash/Steven Cornfield
Nasional
Mutasi Corona Masuk Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebutkan jika temuan mutasi virus corona asal Inggris yang ditemukan di Tanah Air itu berasal dari kedua TKI yang bekerja di Arab Saudi.

WowKeren - Pemerintah resmi menemukam mutasi virus Corona dari Inggris di Indonesia tepat setahun pandemi COVID-19 mewabah di Tanah Air. Mutasi virus yang diberi nama B.1.1.7 itu menginfeksi 2 orang TKI yang bekerja di Arab Saudi.

"Semalam terkonfirmasi oleh Balitbangkes 2 BMI (buruh migran Indonesia) dari Saudi Arabia yang positif virus COVID-19 dengan strain B117/N501Y (strain UK)," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melalui pesan singkatnya, Selasa (2/3).

Dengan adanya kasus ini, Budi menegaskan jika masyarakat harus perkuat protokol kesehatan dengan masuknya varian ini. "Respons masyarakat yang terbaik adalah tetap menjalankan protokol 3M," tegasnya.


Seperti yang diketahui, konfirmasi masuknya varian corona Inggris disampaikan Wamenkes Dante Saksono. "Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," kata Wamenkes dalam jumpa pers virtual, Selasa (2/3).

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sudah merumuskan langkah strategis untuk mencegah virus B117 itu berkembang lebih jauh, yakni dengan membatasi mobilitas penduduk. "Membatasi mobilitas penduduk antar daerah dan antar negara dengan skrining," kata Wiku, Selasa (2/3).

Selain pembatasan mobilitas, Satgas COVID-19 juga meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Karena penerapan prokes 3M dengan disiplin merupakan kunci utama memutus rantai penularan virus. "Intinya adalah mencegah penularan dengan cara 3M secara disiplin," tegasnya.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts