Park Hye Soo Akhirnya Buka Suara, Bantah Tuduhan Jadi Pelaku dan Klaim sebagai Korban Bullying
Dispatch
Selebriti

Sebelumnya, agensi Park Hye Soo membantah postingan yang muncul secara online yang menuduh Park Hye Soo sebagai pelaku bullying. Kini aktris tersebut akhirnya buka suara lewat Instagram.

WowKeren - Pada Minggu (7/3), Park Hye Soo menulis dua postingan panjang di akun Instagram pribadinya. Lewat postingan tersebut, ia secara langsung menjawab rumor bahwa dia telah menjadi pelaku bullying atau perundungan di sekolah.

Sebelumnya pada 22 Februari, agensi Park Hye Soo membantah postingan yang muncul secara online yang menuduh Park Hye Soo sebagai pelaku bullying di masa lalu. Berikut ini isi postingan Instagram Park Hye Soo:

"Halo, ini Park Hye Soo. Aku butuh waktu lama untuk memposting kata-kata ini. Aku minta maaf karena ini terjadi dan butuh waktu lama. Aku berputar-putar menulis, menghapus, dan mengulang. Karena itu tidak benar, aku percaya bahwa semuanya akan berlalu, tapi kebohongan terus berkembang biak lebih banyak kebohongan sampai menumpuk seperti gunung, tumbuh semakin tinggi. Aku menderita ketika aku melihat dua foto yang tidak berhubungan dengan kebenaran disajikan sebagai 'konfirmasi' dan klaim palsu ini terus menciptakan dinding penghakiman yang akan sulit bagiku untuk menghapusnya.

Aku tahu bahwa banyak orang menungguku untuk secara pribadi membagikan kisahku. Tapi alasan mengapa aku tidak bisa melakukan itu begitu lama adalah karena aku percaya kata-kataku tidak akan berpengaruh pada dinding penghakiman yang telah tumbuh begitu besar ini. Meskipun bukti telah disajikan untuk mendukung kata-kataku, orang-orang tidak akan menerima kebenaran sebagai kebenaran, jadi aku telah memutuskan untuk membagikan postingan ini.

Aku sudah pernah mengalami sekali sebelumnya di masa lalu bagaimana rasanya orang menilaiku karena rumor palsu. Oleh karena itu, aku tahu betapa sulitnya menyangkal setiap kebohongan yang tak terhitung jumlahnya yang keluar dari mulut orang-orang.

Pada tahun 2008, ketika aku berada di tahun kedua SMP, saya belajar di luar negeri di Amerika Serikat untuk sementara waktu sebagai siswa pertukaran sebelum kembali ke Korea. Ketika aku kembali ke Korea, kami telah pindah dari lingkungan asli kami, dan pada Juli 2009 aku mendaftar lagi di tahun kedua SMP di sekolah baru dan asing. Aku tidak mengenal orang lain di sekolah dan hal-hal menakutkan mulai terjadi padaku yang belum pernah aku alami sebelumnya.

Aku pindah sekolah dari Gangbuk, aku setahun lebih tua dari teman sekelasku, dan aku pernah belajar di luar negeri di Amerika Serikat, tapi rumor jahat dan palsu mulai melekat pada 'kebenaran' ini dan menyebar tentangku seperti api. Orang-orang menyebarkan desas-desus bahwa aku pergi ke Amerika Serikat untuk melakukan aborsi atau bahwa aku belum pernah ke AS sama sekali tapi ditahan karena perilaku buruk di lingkungan lamaku, dan kebohongan ini mulai mengikutiku ke mana-mana seolah-olah mereka benar. Meskipun aku hanya membagikan nomor teleponku kepada dua atau tiga orang, mereka menyebarkannya sehingga setiap pagi aku akan terbangun dengan pesan teks dengan kata-kata makian yang parah dan pelecehan seksual. Aku ingat memeriksa ponselku dengan jantung berdegup kencang segera setelah aku bangun, dan menangis tanpa suara agar orang tua tidak mendengarku.

Ini sangat mengejutkanku, yang dulunya adalah siswa biasa yang dicintai oleh teman dan guru di sekolah lamaku. Sekitar seminggu sebelum aku pergi ke Amerika Serikat, meskipun itu bukan hari sekolah, guru wali kelas dan teman sekelasku mengadakan pesta perpisahan kejutan untukku. Aku sangat senang dan berfoto dengan teman-temanku dan meniup lilin di atas kue. Aku menderita ketika bertanya-tanya bagaimana seseorang yang begitu bahagia di sekolah bisa datang ke lingkungan baru dan menjadi sasaran perlakuan ini, dan tidak tahu siapa yang harus disalahkan. Sangat sulit untuk menahan penindasan yang terjadi tanpa alasan yang dapat aku jelaskan, tapi aku juga tidak dapat berbicara dengan orang tuaku tentang hal itu, yang telah tegas tentang pindah demi pendidikanku. Aku tidak dapat berbicara kepada siapa pun tentang hal itu dan menderita sendirian.


Penindasan semakin memburuk. Saat aku makan siang, seseorang membalik nampanku dan ada noda di seragamku. Saat aku berjalan menyusuri aula, seseorang mendorong atau mengutukku di belakang punggungku. Aku dipanggil ke lorong tahun ketiga dan diberi tahu bahwa itu 'hanya karena aku tidak menyukai penampilanmu.' Aku dipukul di kepala sementara banyak siswa menonton dan diberi tahu, 'Aku hanya ingin memukulmu. Bahkan jika kamu di tahun ketiga, aku akan memukulmu."

Namun, alasan mengapa aku bisa bertahan bahkan dalam situasi itu adalah karena ada beberapa teman hangat yang menghubungiku meskipun aku di-bully. Meskipun ada semua rumor dan penilaian tentangku, teman-teman ini melihatku dan menyukaiku apa adanya. Karena mereka, kehidupan sekolahku meningkat sedikit demi sedikit. Meskipun demikian, aku sangat tersakiti oleh penindasan dan pergi ke konseling psikologis selama tiga tahun. Konseling rutin membantuku mengatasi bekas luka ini, dan aku dapat mengarahkan kepalaku langsung setelah membenci diri sendiri dan mengalihkan semua kepahitanku kepada para pengganggu terhadap diriku untuk waktu yang lama.

Orang yang menyebut dirinya korban sekarang adalah orang yang sama yang membalikkan nampan makan siangku dan mengutukku ketika aku pertama kali pindah sekolah. Setelah insiden itu, kami menjadi lebih dekat selama tahun ketiga sekolah menengah kami. Selama kami berteman, dan bahkan hingga tahun ini, meskipun kami sudah berhenti berhubungan satu sama lain, orang itu menganggap semua yang terjadi di antara kami sebagai bagian dari persahabatan masa kanak-kanak. Meskipun situasinya sudah sejauh ini dan tidak ada lagi pilihan selain membawanya ke hukum, sangat menyakitkan bagiku untuk memikirkan bagaimana hal itu terjadi antara aku dan seseorang yang setidaknya pernah menjadi temanku.

Teman-teman orang itu telah datang ke akun Instagram-ku dan berkomentar bohong, menyebarkan kebohongan ini lebih jauh. Posting anonim yang beredar online berasal dari tangkapan layar yang diambil dari akun Instagram ini. Kisah-kisah yang posisi dan sumbernya tidak dapat diverifikasi ini menyebar secara online seolah-olah semuanya benar.

Aku ingin bertanya kepada orang yang terus menyebarkan kebohongan yang tidak dapat diandalkan dan terus berubah tentangku hanya untuk menghancurkanku, pertama melalui komentar Instagram dan kemudian dua kali dalam wawancara: Mengapa kau harus berbuat sejauh ini? Apa yang kau dapatkan dari ini? Bahkan jika kau bertindak seperti ini karena berharap aku akan hancur dan berantakan, aku tidak akan terguncang. Meski butuh waktu berbulan-bulan, kebenaran akan terungkap.

Seperti yang aku katakan di atas, 'grup chat korban' yang diduga telah dikumpulkan oleh puluhan orang adalah kebohongan. Kami mendapatkan informasi tentang grup chat itu dan siapa yang menjadi anggotanya sekarang. Saat ini, rasanya tidak ada gunanya memberikan pernyataan rinci tentang semua gosip palsu yang menyebar tentangku, jadi kami akan mengambil tindakan mulai sekarang tanpa menunggu atau kompromi.

Melalui ini, aku telah berhadapan langsung dengan diriku yang lebih muda yang telah tersembunyi jauh di dalam diriku, yang telah terluka parah oleh rumor dan perundungan. Jika aku tidak memilih pekerjaan yang membuatku menjadi sorotan publik, mungkin aku juga ingin berbagi kenangan buruk dan sulit ini dengan orang lain. Tetapi aku ingin orang-orang mengingat bahwa klaim palsu dan kritik sembrono yang mengikuti juga merupakan serangan terhadap orang lain. Aku memiliki bukti nyata tentang kesalahan masa lalu yang dibuat oleh mereka yang menyebut diri mereka korban, tapi aku tidak ingin mempublikasikannya karena aku percaya itu juga sebagai bentuk penyerangan.

Aku sangat, sangat menyesal kepada KBS dan semua staf, pemeran, dan kru 'Dear.M' yang telah menderita karena aku.

Aku juga sangat berterima kasih kepada mereka yang terus mendukungku meskipun saya tidak dapat berbicara untuk waktu yang lama. Karena kalian, aku dapat memeriksa situasi dengan jelas terlepas dari rasa sakit dan mempersiapkan dengan hati-hati untuk apa yang akan terjadi selanjutnya. Sekalipun itu membutuhkan waktu lama, aku percaya bahwa kebenaran perlahan-lahan, satu demi satu, terungkap, dan semua ini akan berlalu. Aku mohon agar di masa depan, orang akan belajar melihat kebenaran apa adanya. Ini adalah postingan yang sangat panjang... Terima kasih telah membacanya."

Agensi Park Hye Soo telah mengeluarkan pernyataan lain setelah salah satu tersangka korban memberikan wawancara tentang tuduhan tersebut, diikuti dengan pernyataan lain yang menyangkal kesaksian yang diberikan oleh terduga saksi.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait