Kakao M Dan Spotify Sudah Jalin Kesepakatan, Lagu-lagu K-Pop Yang Hilang Akan Segera Kembali
Unsplash/Sara Kurfeß
Musik

Spotify dan Kakao Entertainment (sebelumnya Kakao M) mengumumkan bahwa mereka telah mencapai perjanjian lisensi. Kesepakatan ini membuat musik yang didistribusikan oleh Kakao akan tersedia secara global sekali lagi.

WowKeren - Spotify dan Kakao Entertainment (sebelumnya Kakao M) telah mengumumkan bahwa mereka telah mencapai perjanjian lisensi. Kesepakatan ini membuat musik yang didistribusikan oleh Kakao Entertainment akan tersedia secara global sekali lagi.

Kedua perusahaan baru-baru ini telah dalam pembicaraan sejak berakhirnya lisensi Kakao Entertainment dengan Spotify awal bulan ini. Kedaluwarsa menyebabkan penghapusan banyak karya artis K-Pop seperti MAMAMOO, SEVENTEEN (II), LOONA, MONSTA X dan banyak lagi dari platform streaming.

Kakao Entertainment sebelumnya menyatakan bahwa mereka tidak dapat memperbarui kontrak mereka. Tetapi dilaporkan bahwa mereka sekarang telah menyetujui persyaratan yang "tidak jauh berbeda dari yang awalnya ditawarkan," menurut Variety. Perbedaan utamanya adalah artis Kakao Entertainment sekarang akan tersedia di Spotify di Korea Selatan, platform tempat mereka tidak hadir sebelum lisensi kedaluwarsa. Kedua perusahaan telah merilis pernyataan tentang perpanjangan lisensi.

"Kami senang bahwa konten dan artis Kakao Entertainment hadir kembali di Spotify, memungkinkan lebih dari 345 juta pendengar global kami di 170 negara untuk sekali lagi menikmati musik yang mereka sukai. Misi Spotify selalu menghubungkan artis dengan penggemar mereka di seluruh dunia dan memberikan akses pendengar ke semua musik dunia,” ungkap pihak Spotify.


“Kami sangat senang bahwa pendengar Korea kami sekarang juga dapat menikmati musik lokal ini bersama lebih dari 70 juta lagu kami dan 4 miliar + daftar putar. Kami tetap berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada ekosistem streaming musik Korea melalui kemitraan kami dengan artis, label, dan pemegang hak local," lanjut Spotify.

Namun, tidak ada yang menjelaskan secara spesifik mengapa musik tersebut sekarang tersedia di Spotify Korea atau bagaimana hal ini akan memengaruhi penghitungan aliran (untuk penghargaan acara musik Korea, misalnya). Selain itu, pihak Kakao juga kini telah merilis pernyataan resmi mengenai kesepakatan itu.

"Kakao Entertainment Corp. (sebelumnya Kakao M) telah menandatangani perjanjian dengan Spotify dan secara berurutan akan memberikan konten musiknya ke Spotify untuk layanan di dalam dan di luar Korea,” ungkap pihak Kakao.

“Melalui kemitraannya yang beragam di seluruh dunia termasuk Spotify, Kakao Entertainment berharap para pecinta musik di sekitar dunia dapat dengan mudah mengakses artis dan konten musiknya untuk menikmati K-pop. Kakao Entertainment tetap berkomitmen pada ekosistem musik Korea dan pertumbuhannya dan akan terus melindungi hak artis, label, dan pemegang hak lokal di masa mendatang," lanjut Kakao Entertainment.

Belum ditentukan kapan musik akan tersedia lagi tetapi akan muncul kembali dalam beberapa hari mendatang. Meskipun tidak ada detail lebih lanjut, fans berasumsi bahwa streaming dan playlist yang terpengaruh oleh penghapusan tidak akan kembali ke keadaan sebelumnya, mengingat semua artis P NATION yang sebelumnya diupload ulang ke platform kehilangan semua streaming mereka.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru