Pertamina Sebut 2 Dari 4 Tanki Kilang Balongan yang Terbakar Sukses Dipadamkan
Instagram/diskominfoindramayu
Nasional

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto, mengungkapkan bahwa tanki pertama sukses dipadamkan pada Rabu (31/3) pukul 01.30 WIB tadi.

WowKeren - PT Pertamina (Persero) masih berupaya untuk memadamkan api di area Refinery Unit (RU) VI Balongan alias Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat. Menurut Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto, dua dari empat tanki yang terbakar sudah berhasil dipadamkan sejak Senin (29/3) hingga Rabu (31/3) pagi hari ini.

Agus mengungkapkan bahwa tanki pertama sukses dipadamkan pada Rabu pukul 01.30 WIB tadi. Kemudian satu tanki yang terbakar lainnya turut dipadamkan sekitar 06.44 WIB.

"Alhamdulillah dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu api di tanki T-301 H dan T-301 E," ungkap Agus. "Dua tanki lainnya yaitu T-301F dan T-301G masih terus kita kerahkan."

Menurut Agus, pengaturan orientasi peralatan fire fighting sudah dilakukan. Upaya pemadaman api akan segera dimulai kembali setelah peralatan on position dengan sasaran dua tanki yang masih terbakar.


Sementara itu, dua tanki yang berhasil dipadamkan apinya akan didinginkan dengan fire truck. Hal ini dilakukan dilakukan untuk memastikan agar tidak ada flash lagi.

Adapun Tim Emergency Pertamina disebut telah melokalisasi titik api pada awal kebakaran. Dengan demikian, api terpusat di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301 dimana terdapat empat tanki penyimpanan bahan bakar minyak (BBM).

Upaya pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan foam ke perimeter bundwall dan pusat nyala api. 10 mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan dalam upaya pemadaman api ini, terdiri dari Mobil Damkar milik Pertamina Group dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

"Pertamina tetap fokus memadamkan api di dua tanki lainnya," jelas Agus. "Dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling."

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu memperkirakan kebakaran besar yang terjadi di kilang minyak Balongan baru bisa diatasi dalam waktu tiga hari. Selain karena salah satu tanki masih terisi penuh minyak, pemadaman juga harus dilakukan dengan metode khusus.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait