Meninggal Hari Ini, Pangeran Philip Sempat Terima Vaksin COVID-19
Instagram/theroyalfamily
Dunia

Sebelum meninggal, Pangeran Philip sempat menjalani vaksinasi COVID-19 bersama Ratu Elizabeth pada 9 Januari lalu. Ia juga sempat keluar masuk rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir.

WowKeren - Suami Ratu Ratu Elizabeth II yakni Pangeran Philip meninggal dunia dalam usia 99 tahun pada Jumat (9/4) waktu setempat. Pangeran yang bergelar Duke of Edinburgh ini tutup usia di Kastil Windsor setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Sebelum meninggal dunia, Pangeran Philip belum pernah terinfeksi virus Corona. Ia bahkan sempat menjalani vaksinasi COVID-19 bersama Ratu Elizabeth pada 9 Januari lalu. Penyuntikan tersebut dilakukan oleh tim dokter pribadi di Kastil Windsor.

"Ratu dan Duke of Edinburgh hari ini (Sabtu, 9 Januari) telah menerima vaksin," ujar Juru Bicara Istana Buckingham kepada The Guardian.

Pangeran Philip sendiri diketahui sempat keluar masuk rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2011 ketika keluarga kerajaan mempersiapkan Natal, ia sempat dirawat karena penyumbatan arteri jantung.


Di tahun berikutnya, Pangeran Philip menghabiskan lima malam di Aberdeen Royal Infirmary karena infeksi kandung kemih. Dia terpaksa dilarikan ke rumah sakit dan melewatkan upacara pembukaan Paralimpiade di London.

Pada Januari 2019, ayah dari Pangeran Charles ini mengalami kecelakaan mobil di persimbangan Babingley, dekat perkebunan pribadi Sandringham milik kerajaan di Inggris timur. Mobil Land Rover yang dikemudikannya sendiri itu melukai dua warga, sementara Pangeran Philip tak mengalami cedera serius.

Kabar terbaru, Pangeran Philip sempat dirawat selama empat minggu di rumah sakit. Pada 16 Februari 2021 lalu, ia dilarikan ke RS King Edward VII setelah mengeluh tak enak badan. Saat itu Pangeran Philip masih bisa berjalan sendiri memasuki rumah sakit.

Kemudian pada 1 Maret, ia dipindahkan ke RS St Bartholomew untuk mendapatkan perawatan infeksi dan observasi jantung. Dia juga dikabarkan menjalani operasi untuk menghilangkan sumbatan di arteri jantungnya di rumah sakit tersebut.

Meski sering keluar masuk rumah sakit, secara keseluruhan Pangeran Philip berada dalam kondisi kesehatan yang cukup baik. Terutama karena ia memutuskan berhenti merokok pada hari pernikahannya dengan sang ratu.

(wk/admi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait