Alasan Pangeran Philip Suami Ratu Elizabeth II Tak Dapat Gelar 'Raja Inggris'
Instagram/theroyalfamily
Dunia
Pangeran Philip Meninggal Dunia

Pangeran Philip menikahi Ratu Elizabeth pada 20 November 1947 silam. Meski merupakan suami dari Ratu Inggris, Pangeran Philip tak diberi gelar sebagai Raja Inggris. Apa alasannya?

WowKeren - Suami Ratu Elizabeth II,Pangeran Philip telah wafat di usia 99 tahun pada Jumat (9/4). Meski merupakan suami dari Ratu Inggris, Pangeran Philip tak diberi gelar sebagai Raja Inggris. Apa alasannya?

Sebagai informasi, Pangeran Philip menikahi Ratu Elizabeth pada 20 November 1947 silam, lima tahun sebelum Sang Ratu naik takhta. Setelah menikah, Pangeran Philip meninggalkan gelarnya sebagai Pangeran Yunani dan Denmark, lalu kemudian menerima gelar sebagai Duke of Edinburgh.

Kala istrinya naik takhta menjadi Ratu Inggris, Pangeran Philip tak lantas menjadi Raja Inggris karena aturan lama di keluarga kerajaan. Aturan tersebut menetapkan bahwa pria yang menikahi seorang Ratu hanya akan disebut sebagai "Pangeran Pendamping" (Prince Consort).

Suami Ratu disebut sebagai Pangeran Pendamping lantaran gelar Raja hanya diberikan kepada pria yang mewarisi takhta kerajaan dan dapat memerintah. Oleh sebab itu, gelar Raja nantinya akan diberikan kepada Pangeran Charles yang akan menggantikan Ratu Elizabeth.


Aturan yang berbeda berlaku untuk wanita yang menikahi anggota keluarga kerajaan. Istri Raja yang berkuasa akan diberi gelar sebagai Permaisuri (Queen Consort), yakni peran simbolis yang akan melarangnya untuk turut memerintah, namun bisa membuatnya disebut sebagai ratu.

Melansir Time, Kate Middleton kemungkinan akan menjadi Ratu Catherine ketika Pangeran William mengambil alih tahta, meskipun dia sebenarnya tidak akan memerintah sebagai Ratu.

Di sisi lain, kepergian Pangeran Philip menimbulkan pertanyaan tentang siapa sosok yang akan menjadi pewaris gelar Duke of Edinburgh selanjutnya. Beberapa masyarakat mengatakan bahwa secara teknis gelar Duke of Edinburgh akan jatuh pada Pangeran Charles yang merupakan anak pertama Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II.

Namun sebagian pihak dikabarkan telah meminta Ratu Elizabeth untuk memberikan gelar tersebut kepada putra ketiganya, Pangeran Edward. Pasalnya, Pangeran Edward telah banyak menanggung dan menggantikan segala tugas Pangeran Philip usai ia pensiun dari tugas kerajaannya sejak 2017 lalu.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts