Kronologi Kepala BIN Daerah Papua Tewas Ditembak KKB
Unsplash/Alejo Reinoso
Nasional

Jenazah Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dibawa ke Timika dan kemudian diterbangkan ke Jakarta. Mendiang akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

WowKeren - Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, dilaporkan tewas usai ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Minggu (25/4). Kabar ini telah dikonfirmasi oleh pihak BIN.

Adapun kejadian ini bermula kala Satgas BIN melakukan patroli bersama Satgas TNI/Polri menuju Kampung Dambet. Mereka kemudian disergap oleh KKB dan terlibat dalam aksi baku tembak.

"Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri diadang oleh Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Dambet," ungkap Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto, Senin (26/4). "Kabinda Papua tertembak dan gugur."

Lebih lanjut, Wawan menjelaskan bahwa Kabinda Papua mendatangi Kampung Dambet dalam rangka observasi lapangan. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi brutal KKB di wilayah tersebut.


"Juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu oleh kekejaman dan kebiadaban Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua," terang Wawan.

Adapun mendiang Danny disebut merupakan sosok yang hangat dan berprestasi. Selama bertugas, ia juga dikenal dekat dengan masyarakat. "Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen," jelas Wawan.

Selain itu, Wawan juga menyebutkan bahwa gugurnya Danny ini merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Insiden ini disebut merupakan simbol pengabdian BIN dalam menjalankan Undang-Undang.

Menurut Wawan, proses evakuasi dari lokasi kejadian telah dilakukan. Rencananya, jenazah Kabinda Papua akan dibawa ke Timika dan kemudian diterbangkan ke Jakarta. Mendiang akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

"Kabinda dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral," pungkas Wawan. "BIN terus meningkatkan deteksi dini dan cegah dini terhadap Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua yang selama ini meresahkan masyarakat. Kami mohon dukungan dan doa dari segenap rakyat Indonesia."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait